Toxic Parents: Sangat Berbahaya namun Tak Disadari

- 31 Juli 2020, 00:11 WIB
Ilustrasi. *Pixabay /Pixabay/

 

HALOYOUTH - Setiap orang pasti memiliki hubungan yang beracun (toxic), entah dengan teman, pasangan atau lingkungannya. Istilah toxic juga akan berlaku bagi orangtua yang menjadi “racun” bagi anaknya sendiri.

Jika anda beruntung, anda akan memilki hubungan yang sehat bersama orang tua anda sepanjang waktu. Sayangnya, tak sedikit anak tumbuh bersama toxic parents.

Istilah toxic parents berlaku bagi orang tua yang memiliki perlakuan buruk kepada anak. Tidak hanya melakukan tindakan kekerasan fisik, toxic parents juga dapat melakukan tindakan yang dapat meracuni kondisi atau kesehatan mental anak sehingga menjadi terganggu.

Baca Juga: Mari Bernostalgia dengan Sitkom-Sitkom Tahun 2000-an

Dengan dalih memberikan pola asuh yang baik dan semata-mata karena kasih sayang, hal ini dapat membuat kejiwaan anak bermasalah bahkan terluka.

Dilansir dari Psych Central, dibawah ini merupakan ciri-ciri toxic parents yang kerap tidak disadari:

1. Mementingkan diri sendiri

Selalu mementingkan kebutuhannya sendiri dan tidak pernah mempertimbangkan kebutuhan anaknnya. Mereka juga memiliki kapasitas terbatas untuk berempati sehingga tidak pernah memahami tentang bagaimana perbuatannya yang berdampak pada perasaan anak.

Baca Juga: Skripsi Mahasiswa: Bukan Proses Melakukan Copy Paste

Halaman:

Editor: Fauzian Ahmad


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X