Waspadai Virus, Lakukan Hal Ini Untuk Cegah Penularan dalam Mobil

- 15 Juli 2020, 23:29 WIB
Foto ilustrasi penggunaan fogging di dalam kabin mobil.*/Instagram.com/@dshinecarwash /Instagram.com/@dshinecarwash/

HALOYOUTH - Penyebaran virus merupakan hal yang harus diwaspadai karena dapat menyebar di mana saja. Tidak terkecuali terjadi di dalam mobil, hal ini dikarenakan virus dapat masuk melalui partikel-partikel kecil di udara.


Seperti misalnya saat tubuh kita sedang tidak fit, risiko tertular virus flu bisa terjadi melalui udara terlebih di ruang tertutup.


Fitur yang terdapat di dalam mobil seperti air conditioner (AC) menganut sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin untuk didinginkan dan diembuskan kembali melalui kisi AC di dasbor atau blower di atap.

Baca Juga: DFSK Ungkap Waktu Peluncuran Glory i-Auto

Untuk itu, diperlukan perhatian lebih agar mencegah penyebaran virus di dalam mobil. Berikut akan dipaparkan 6 langkah pencegahan penyebaran virus didalam mobil seperti yang dibagikan Auto2000, jaringan diler resmi Toyota di Indonesia:


Pastikan Evaporator Bersih

Evaporator bertugas mendinginkan udara yang diambil dari dalam kabin untuk diembuskan lagi lewat kisi AC. Pipa evaporator rawan bakteri, jamur dan virus karena lembab dan kotor, terutama bila AutoFamily alpa mengganti filter kabin AC.


Buka Jendela Secara Berkala

Bisa sedikit membuka jendela selama 2-3 menit setiap 1 jam sekali untuk membuat udara di dalam kabin bersirkulasi dengan udara luar.

Atau bisa pula memanfaatkan tombol sirkulasi di panel AC untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.

Halaman:

Editor: Fauzian Ahmad

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X