Arkeolog Temukan Kota Emas Peninggalan Zaman Fir'aun 3.400 Tahun yang Lalu

- 12 April 2021, 09:37 WIB
Peninggalan sejarah/Reuters.
Peninggalan sejarah/Reuters. /

HALOYOUTH - Para arkeolog di Mesir menemukan sebuah tempat peninggalan yang disebut sebagai kota firaun.

Kota tersebut dikabarkan telah dibangun sekitar lebih dari 3.400 tahun yang lalu pada kejayaan pemerintahan Amenhotep III, salah satu raja paling kuat di Mesir.

Penemuan para arkeolog ini terlihat bangunan yang masih bagus. Memiliki dinding dan ruangan yang hampir dipenuhi dengan peralatan kehidupan sehari-hari.

"Cincin, scarab, bejana tembikar berwarna, dan batu bata lumpur dengan segel cartouche Amenhotep. Jalan-jalan kota diapit oleh rumah-rumah ke beberapa dindingnya setinggi tiga meter,” kata Zahi Hawass salah satu arkeolog Mesir sebagaimana dikutip Haloyouth.pikiran-rakyat.com dari Reuters pada Senin, 12 April 2021.

Foto salah satu peralatan dapur/Reuters.
Foto salah satu peralatan dapur/Reuters.

Penggalian itu dimulai dari Tepi Barat Luxor dekat dengan Colossi of Memnon, Medinet Habu dan Ramesseum, atau biasa disebut kamar mayat Raja Ramses II yang tidak jauh dari Lembah para raja.

“Ini adalah penemuan yang sangat penting,” Peter Lacovara, direktur Dana Warisan dan Arkeologi Mesir Kuno yang berbasis di AS.

Keadaan dari terlihatnya jumlah barang kehidupan sehari-hari membuat mereka mengingatkan kembali pada penggalian terkenal lainnya.

"Ini adalah semacam Pompeii Mesir kuno dan menunjukkan kebutuhan kritis untuk melestarikan area ini sebagai taman arkeologi," kata Lacovara, yang telah bekerja di area istana Malqata selama lebih dari 20 tahun tetapi tidak terlibat dalam penggalian.

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x