Gempa Kekuatan Magnitudo 5,5 Guncang Aceh, Sejumlah Warga Berhamburan Keluar Rumah

- 17 April 2021, 13:57 WIB
Getara gempa bumi di Kabupaten Malang terasa hingga Yogyakarta/Pixabay.com/Tumisu
Getara gempa bumi di Kabupaten Malang terasa hingga Yogyakarta/Pixabay.com/Tumisu /

HALOYOUTH - Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,5 kini mengguncang beberpa di wilayah Aceh.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 08.04 WIB membuat sejumlah warga berhamburan keluar rumah. 

BMKG melaporkan episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 5,04 LU dan 95,38 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 38 km arah Barat Daya Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar pada kedalaman 92 km.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mata Ie Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro, di Banda Aceh, Sabtu melaporkan gempa bumi tersebut terjadi sekitar pukul 08.04.53 WIB wilayah Aceh Jaya.

"Berdasarkan hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi tersebut memiliki magnitudo 5,5," kata Djati Cipto Kuncoro.

Djati menuturkan, jika melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terdi di wilayah Aceh merupakan jenis gempa menengah, yang diakibatkan dari adanya aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujarnya, sebagaimana dikutip Haloyouth.pikiran-rakyat.com dari Antara pada Sabtu, 17 April 2021.

Djati mengatakan, beberapa daerah di Banda Aceh merasakan guncangan gempa bumi tersebut. Beberapa daerah yang merasakan guncangan gempa ini yakni, Pidie Jaya, Nagan Raya, Calang, dan Lhokseumawe. Getaran juga dirasakan nyata jika saat berada di dalam rumah.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Djati.

BMKG mengimbau masyarakat tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan diminta agar tetap tenang.

Masyarakat juga dihimbau untuk meghindari bangunan uang rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa.

"Pastikan tidak ada kerusakan setelah getaran yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tukas Djati.***

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah