Kemenhub Akan Keluarkan Surat Edaran Terkait Larangan Mudik Lebaran 2021

- 18 April 2021, 21:16 WIB
Ilustrasi penerapan larangan mudik Lebaran 2021.*
Ilustrasi penerapan larangan mudik Lebaran 2021.* /ANTARA/Fakhri Hermansyah

HALOYOUTH - Kebijakan terkait pelarangan mudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang oleh pemerintah akan disiapkan beberapa teknisnya.

Kebijakan tersebut akan membatasi pergerakan masyarakat yang melakukan mudik. 

Selain itu, pembatasan transportasi di masa pelarangan tersebut yang akan dilakukan di semua moda transportasi baik darat laut, kereta api, dan udara, dan juga kendaraan pribadi.

Sesuai surat edaran Satgas nomor 13 yang sudah ditetapkan bahwa semua masyarakat dilarang mudik.

Kementerian Perhubungan akan menerbitkan surat edaran sebagai acuan petunjuk pelaksanaan teknis di lapangan terkait kebijakan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

"Nanti para dirjen akan menerbitkan surat edaran sebagai acuan untuk jadi petunjuk aturan di lapangan sekaligus kerja sama dengan seluruh stakeholder termasuk dengan kepolisian, TNI, pemda, Satgas COVID-19 dan dinas perhubungan setempat, untuk melakukan pengawasan dan pengendalian," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati di Jakarta, sebagaimana dikutip Haloyouth.pikiran-rakyat.com dari Antara pada Minggu, 18 April 2021.

Aditia mengatakan, pergerakan masyarakat yang masif seperti mudik seharusnya tidak dilakukan, lantaran pemerintah pun telah melakukan peniadaan mudik.

"Sesuai yang telah ditetapkan dalam surat edaran Satgas No 13 ditetapkan semua anggota masyarakat dilarang mudik, tetapi masih ada pergerakan masyarakat yang boleh melakukan perjalanan yaitu untuk pegawai yang melakukan tugas dinas. Tentu harus membawa surat tugas dari instansi atau perusahaan masing-masing dan juga keperluan pribadi yang masih diperbolehkan asal ada keterangan dari lurah atau kepala desa setempat," kata Aditia.

Kemenhub, lanjut Aditia, masih terus melakukan koordinasi dan pembicaraan agar ketentuan peniadaan mudik dan aspek dari transportasi dapat tetap dikendalikan dengan baik.

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x