Curah Hujan Tinggi, Satu Kecamatan di Kabupaten Garut Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Warga Mengungsi

- 28 November 2021, 17:40 WIB
Situasi pasca banjir yang menerjang dua kecamatan di Garut, Sabtu 27 November 2021
Situasi pasca banjir yang menerjang dua kecamatan di Garut, Sabtu 27 November 2021 /Humas Pemkab Garut.


HALOYOUTH - Banjir bandang menerjang Kabupaten Garut pada Sabtu Sore 27 November 2021, titik lokasi berada di Kampung Ciloa Desa Sukamukti, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Banjir dipicu hujan deras yang terus mengguyur.

Dilansir Haloyouth dari SAR Bandung, banjir terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, Banjir ini menerjang beberapa kampung di wilayah Desa Sukamukti 

Hasil analisa Tim SAR menyatakan bahwa banjir bandang di Kabupaten Garut disebabkan Hujan Deras, yang berakibat meluapnya aliran air sungai sehingga merendam pemukiman warga di Desa Sukamukti

Baca Juga: Keren! Ada Gelaran Pasar Rakyat untuk Bantu Ekonomi Masyarakat di Yogyakarta, Intip Yuk Unik Banget

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah menyatakan, pihaknya telah mengerahkan satu TIM Rescue Basarnas Bandung menuju lokasi kejadian.
 
Menurut Deden, pada pukul 16.00 WIB, Tim Rescue Basarnas Bandung telah tiba di lokasi kejadian banjir bandang dan langsung melakukan koordinasi dengan setiap unsur SAR di lapangan.

Berdasarkan laporan terbaru dari Komandan Tim Rescue, Syahrir kondisi di lokasi banjir bandang sudah surut dan kini hanya tersisa lumpur banjir.

Sementara untuk BNPB merilis setidaknya satu rumah hanyut dan 20 Kepala Keluarga mengungsi.

Baca Juga: Gelar PKRJT, Kepala Disdikbud Jateng: DNA Bangsa Indonesia adalah Kebudayaan!

Tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, relawan dan warga diterjunkan untuk membantu warga lainnya yang terdampak. 

Relawan mengevakuasi warga ke tempat yang aman, seperti rumah kerabat sebagai tempat pengungsian sementara. Tim gabungan juga bersiaga dalam mengantisipasi dampak banjir susulan.

Halaman:

Editor: Rifqiyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x