Didaulat Jadi Pembawa Bendera Pada Ajang Sea Games Vietnam, Emilia Nova Mengaku Bangga

- 28 April 2022, 13:02 WIB
Didaulat Jadi Pembawa Bendera Pada Ajang Sea Games Vietnam, Emilia Nova Mengaku Bangga
Didaulat Jadi Pembawa Bendera Pada Ajang Sea Games Vietnam, Emilia Nova Mengaku Bangga /Foto : Screenshoot IG : @emilianovanv/

HALOYOUTH - Pada defile Kontingen Indonesia dalam upacara pembukaan SEA Games 2021 pada 12 Mei 2022 mendatang di Vietnam, atlet lari gawang Emilia Nova didaulat untuk menjadi pembawa bendera Merah Putih.

Hal tersebut menandai untuk pertama kalinya atlet perempuan Indonesia ditunjuk menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam sejarah partisipasi Indonesia di ajang SEA Games.

Ferry J Kono Sebagai Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia mengatakan bahwa pemilihan Emilia sebagai pembawa bendera dilakukan karena berbagai pertimbangan, salah satunya adalah rekam jejak Emilia dalam multicabang dua tahunan itu, dan pada SEA Games kali ini merupakan ajang internasional perdananya setelah cedera.

“Kami memilih Emilia menjadi pembawa bendera Kontingen Indonesia. Ia berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat peduli dan mengedepankan kesetaraan gender. Kami memposisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara,” kata Ferry J Kono dikutip Haloyouth dari AntaraNews pada hari Kamis 28 April 2022

Baca Juga: Hasil Lengkap BAC 2022: Tunggal Putri Tak Tersisa, Chico Wardoyo Mengganas, Anthony Ginting...

Emilia diketahui memiliki prestasi yang cukup dalam keikutsertaan dirinya dalam setiap event, Emilia pernah meraih medali perak pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, dan medali emas di SEA Games 2019 Filipina.

Menurit Ferry, Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) telah merilis aturan parade defile dalam ajang tersebut, aturanya adalah bahwa setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri atas CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih dan ofisial.

“Tidak semua kontingen ikut defile, sehingga kami memprioritaskan parade defile diikuti cabor yang bertanding setidaknya pada 14 April untuk menjaga kondisi tubuh atlet-atlet kami sehingga tidak kelelahan saat mereka harus bertanding,” kata Ferry

Sementara itu, Emilia sendiri mengaku bangga bisa mendapatkan kepercayaan sebagai pembawa bendera di SEA Games tersebut dan menjadi perempuan Indonesia pertama yang membawa bendera negaranya.

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x