Sejak Muda Anti Belanda, Kenapa Bung Hatta Pilih Sekolah ke Belanda?

- 17 Agustus 2022, 17:04 WIB
Simak 20 Kata-kata Bijak Hari Kemerdekaan dari Bung Hatta, Penuh Inspirasi dan Motivasi
Simak 20 Kata-kata Bijak Hari Kemerdekaan dari Bung Hatta, Penuh Inspirasi dan Motivasi /Tangkapan Layar /Instagram @mohammadhatta

HALOYOUTH - Selain Soekarno, Mohammad Hatta adalah tokoh yang yang sering disebut sebagai Proklamator Indonesia Merdeka.

Mohammad Hatta atau yang biasa akrab dipanggil dengan sebutan Bung Hatta, merupakan proklamator Indonesia   yang memiliki keperibadian sederhana, sosok politisi handal dan seorang negarawan populis di zamannya.

Dilansir haloyouth dari buku Otobiografi Mohammad Hatta, Untuk Negeriku. Bagi sang proklamator Indonesia merdeka tersebut, cuma ada dua pencapaian besar dalam hidupnya yang paling berarti.

Baca Juga: Fakta Baru Terungkap, Ferdy Sambo Pegang Semua Rekening Brigadir J, Ada Modus Pencucian Uang?

Pertama, adalah saat ia menjadi proklamator kemerdekaan Indonesia bersama Bung Karno pada 17 Agustus 1945.

Dan kedua, adalah pada saat mewakili bangsa Indonesia saat menerima penyerahan kedaulatan Indonesia dari Belanda pada 27 Desember 1949.

"Penyerahan kedaulatan kepada Indonesia harus penuh dan tanpa bersyarat, pengalaman yang pahit dimasa lampau, memberi kenyataan bahwa hanya satu-satunya jalan untuk menyelesaikan soal Indonesia ialah penyerahan kedaulatan Indonesia dengan tidak tertangguh" Ujar Bung Hatta saat Konferensi Meja Bundar pada 1949.

Baca Juga: Elon Musk Akui Beli Manchester United, Alasannya Bikin Netizen Marah

Sebagai seorang proklamator dan pejuang kemerdekaan, Bung Hatta juga dikenal sebagai intelektual dan ekonom yang brilian.

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x