Presiden Turki Pulihkan Biara Sumela dan Masjid Hagia Sofia di Trabzon

- 29 Juli 2020, 12:11 WIB
Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan. *Pikiran Rakyat
Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan. *Pikiran Rakyat /

HALOYOUTH - Biara Sumela dan Masjid Hagia Sofia di Provinsi Trabson kembali dibuka. Pembukaan ini dilakukan oleh Presiden Recep Tayyib Erdogan pada Selasa, 28 Juli 2020 melalui upacara konferensi video.

Biara Sumela merupakan situs dengan makna sejarah dan budaya yang unik serta memiliki daya tarik wisata. Biara Sumela sendiri masuk dalam daftar sementara sementara situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2000.

Rencana restorasi dan lingkungan untuk Biara Sumela, yang didedikasikan untuk Perawan Maria, dimulai pada Februari 2016 namun mendapatkan beberapa kendala.

Baca Juga: Gianluigi Buffon Raih Gelar ‘Raja’ Scudetto di Juventus

Pekerjaan restorasi akhirnya dilanjutkan kembali di bulan Mei dan berhasil dibuka untuk pariwisata iman oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata pada 15 Agustus 2010.

Menurut situs web UNESCO, Biara Sumela adalah kompleks biara yang dibangun di atas tebing curam setinggi 1.200 meter di Lembah Altındere.

"Jika Turki tidak menghormati budaya yang berbeda, seperti yang diklaim oleh beberapa negara Barat, itu tidak akan memulihkan dan melestarikan artefak bersejarah seperti itu," ucap Erdogan saat upacara pembukaan biara yang pembangunannya dimulai pada 385 A.D.

Baca Juga: Ingin Memantau Langsung Persiapan Timnas U-19, Iwan Bule Menjabat Jadi Manajer

Selain itu, Erdogan juga merujuk pada kritik pembukaan kembali Turki terhadap museum Hagia Sophia di Istanbul sebagai masjid.

Halaman:

Editor: Fauzian Ahmad

Sumber: Mantra Sukabumi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x