Perangi Hoaks, WhatsApp Luncurkan Fitur Baru

- 4 Agustus 2020, 22:58 WIB
Fitur baru WhatsApp 'Search the Web'.*/WhatsApp
Fitur baru WhatsApp 'Search the Web'.*/WhatsApp /


HALOYOUTH - “Search the Web”, fitur baru dari aplikasi WhatsApp yang bisa digunakan sebagai alat verifikasi kebenaran suatu informasi yang diterima para penggunanya.


"Hari ini, kami sedang menguji coba cara sederhana untuk memeriksa ulang pesan-pesan ini dengan mengetuk tombol kaca pembesar dalam percakapan," tulis WhatsApp pada 3 Agustus 2020. Sebelumnya diberitakan Pikiran-rakyat.com, dalam artikel “Fitur Baru WhatsApp: Search The Web untuk Melawan Informasi Hoaks


Saat ini, fitur tersebut sedang dalam tahap uji coba, dan nantinya akan tersedia di seluruh aplikasi Android, iOS, serta Web WhatsApp. Fitur ini baru diluncurkan di pasar tertentu seperti di Brazil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.


Fitur ini hadir setelah pada April lalu WhatsApp memberlakukan batasan tambahan tentang seberapa sering suatu pesan dapat dibagikan di platformnya.


Baca Juga: Di Jepang, Dua ekor Anjing Peliharaan Dinyatakan Positif COVID-19


Selain itu, WhatsApp juga bekerjasama dengan beberapa organisasi pengecekan fakta di seluruh dunia, untuk membantu pengguna memverifikasi klaim yang dibuat dalam sebuah pesan.



Sebagaimana diberitakan Pikiran-rakyat.com sebelumnya, pengguna WhatsApp kini dapat memeriksa fakta di WhatsApp melalui bot Fact-Checking Network (IFCN) atau Jaringan Pengecekan Fakta Internasional.



Bot IFCN WhatsApp dibuat untuk mengatasi tantangan misinformasi, khususnya selama pandemi COVID-19.


Cara kerja bot ini yaitu dengan menghubungkan penggunanya dengan pemeriksa fakta independen di lebih dari 70 negara.***(Julkifli Sinuhaji/PR)

Baca Juga: Microsoft Peringatkan Pengguna Windows 10 agar Tidak Menginstal CCleaner

Editor: Ade Rosman

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x