Ridwan Kamil: Awal Tahun Depan, Vaksin COVID-19 Siap Diberikan Pada Warga Jabar

- 5 Agustus 2020, 17:40 WIB
Ilustrasi vaksin COVID-19 .
Ilustrasi vaksin COVID-19 . /Reuters/Dado Ruvic


HALOYOUTH – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengabarkan saat ini terdapat empat vaksin COVID-19 yang sudah masuk dan diuji di Indonesia, dan diperkirakan pula vaksin tersebut siap dan akan diberikan kepada warga Jawa Barat pada awal tahun 2021.



"Kalau semua berjalan lancar, maka vaksin baru bisa diberikan pada Januari atau Februari (tahun 2021-red)," papar Kang Emil seperti dilansir dari Antara, Rabu 5 Agustus 2020. Sebelumnya diberitakan Pikiran-rakyat.com, dalam artikel “Kabar Baik, Ridwan Kamil Sebut Vaksin Covid-19 Bisa Diberikan ke Warga Jabar Awal Tahun Depan”.



Menurut keterangan Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, keempat vaksin tersebut berasal dari berbagai negara seperti nggris, Korea, China dan Indonesia.


Baca Juga: Angka Kematian Kasus COVID-19 Indonesia Tertinggi di ASEAN


Namun untuk vaksin yang berasal dari Inggris, Korea dan Indonesia masih perlu dites terlebih dahulu. Sebab, ketiga vaksin tersebut masih belum dilakukan tes kedua. Hal ini membuat ketiga vaksin harus lebih dahulu dites di dua negara asal dan satu dites di negara konsumen.



"Ketiga sumber tersebut belum dilakukan tes. Dan untuk vaksin lokal dari Indonesia kemungkinan masih lama," tambah Kang Emil.


Sementara vaksin yang berasal dari China, dikatakan Kang Emil sudah siap untuk diuji coba. Setidaknya ada 160 relawan yang mendaftar untuk mendapatkan vaksin tersebut.



"Vaksin yang paling siap itu dari China. Dua tes sudah dilakukan di negaranya dan satu di Indonesia serta akan diproduksi juga oleh Biofarma," tambahnya.


Baca Juga: Pengisi Suara Iruka Umino dalam Serial Naruto Positif Terinfeksi COVID-19


Kang Emil berharap, tes vaksin COVID-19 tidak ada halangan, sehingga nanti bisa segara diberikan kepada warga Jawa Barat.***(Aldiro Syahrian/PR)

Editor: Ade Rosman

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x