Selain Mendapat Insentif, Relawan Uji klinis Vaksin COVID-19 juga akan Mendapat Asuransi Kesehatan

- 6 Agustus 2020, 19:18 WIB
Ilustrasi vaksin COVID-19 .
Ilustrasi vaksin COVID-19 . /Reuters/Dado Ruvic


HALOYOUTH – Ketua Tim Peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung, Kusnandi Rusmil, mengungkapkan, relawan uji klinis vaksin COVID-19 akan diberikan insentif Rp1 juta oleh Tim peneliti Fakultas Kedokteran Unpad Bandung.



Nantinya, uang insentif tersebut akan dibagi lima, yakni ketika relawan menjalani lima kali pemeriksaan.



"Jadi sekali datang maka dikasih Rp 200 ribu, ketika lima kali datang itu Rp1 juta selama lima bulan kepada relawan," ucapnya, di Fakultas Kedokteran Unpad Bandung, Jalan Eckyman, Kota Bandung, pada Kamis, 6 Agustus 2020. Sebelumnya diberitakan Galamedia dalam artikel “Insentif Bagi Relawan Uji klinis vaksin Covid-19 Besarnya Rp1 juta”.


Baca Juga: Uji Klinis Tahap ketiga Vaksin COVID-19 Dimulai Hari Ini


Ia menjelaskan, insentif yang diberikan merupakan ganti ongkos saat melakukan pengecekan atau pemeriksaan. Walau demikian, pihaknya berharap relawan yang mendaftar tidak berorientasi pada uang insentif tersebut.



"Kalau karena ingin uang insentif itu tidak bagus, apalagi uji klinis ini sifatnya sukarela. Kami berharap tidak berorientasi kepada uang insentif," tambahnya.




Selain insentif, ia juga mengatakan, relawan juga akan mendapat asuransi kesehatan selama proses pemantauan, yakni sekitar enam bulan usai disuntik vaksin. Sehingga relawan bisa memeriksakan kesehatan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat, jika kemudian mendapat keluhan usai disuntik.




Saat ini, tambah Kusnandi, tim peneliti dari FK Unpad masih kekurangan 820 orang relawan untuk menjadi subjek uji klinis. Mengingat hingga saat ini, baru ada 800 orang yang mendaftar dari target sebanyak 1.620 orang relawan.***(Rio Ryzki Batee/Galamedia)


Baca Juga: Warga Dilarang Menggelar Perlombaan Agustusan, Wali Kota Cimahi: Pasti Mengundang Kerumunan

Editor: Ade Rosman

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x