Senin 10 Agustus 2020, Gunung Sinabung Kembali Meletus

- 10 Agustus 2020, 13:53 WIB
Gunung Sinabung kembali erupsi pada Senin dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 5.000 meter di atas puncak atau kurang lebih 7.460 meter di atas permukaan laut, pada Senin 10 Agustus 2020.*
Gunung Sinabung kembali erupsi pada Senin dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 5.000 meter di atas puncak atau kurang lebih 7.460 meter di atas permukaan laut, pada Senin 10 Agustus 2020.* /ANTARA/Handout/aa.


HALOYOUTH – Pada Senin, 10 Agustus 2020 pukul 10.16 WIB, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus.



Dilansir dari Antara, ketinggian kolom abu teramati kurang lebih 5.000 meter di atas puncak atau sekitar 7.460 meter di atas permukaan laut.



Dalam rilis datanya pada Senin 10 Agustus 2020, Pos Pengamatan Gunung Sinabung Badan Geologi dan PVMBG Pos Pengamatan Gunung Sinabung menyatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.


Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG Senin, 10 Agustus 2020 untuk Daerah Jawa Barat



Masyarakat dan wisatawan disarankan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.



Selain itu, jika terjadi hujan abu, agar mengurangi dampak kesehatan yang ditimbulkan dari abu vulkanik, masyarakat diimbau untuk memakai masker bila keluar rumah.



Bagi masyarakat yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di gunung sinabung diimbau agar tetap waspada terhadap bahaya banjir lahar panas maupun dingin.



Baca Juga: Tangerang Raya Kembali Perpanjang PSBB hingga 28 Agustus 2020



Agar menghindari bangunan roboh, warga diimbau untuk membersihkan atap rumah dari abu vulkanik. Selain itu, warga juga diminta mengamankan sarana air bersih.


Situasi saat ini Gunung Sinabung berstatus Tingkat III (Siaga).***

Editor: Ade Rosman

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x