Peneliti Sebut Beberapa Masker Kurang Efektif dalam Melindungi Diri dari Covid-19

- 11 Agustus 2020, 13:51 WIB
Ilustrasi. *Pixabay
Ilustrasi. *Pixabay /

HALOYOUTH - Pandemi Covid-19 yang telah menyebar ke seluruh dunia membuat seluruh warga harus mengenakan masker. Alat pelindung tersebut diyakini dapat mencegah setiap orang untuk terhindar dari Covid-19.

Dengan maraknya penggunaan masker, beragam model bermunculan karena langkanya masker medis. Hal ini juga terjadi di Indonesia yang mengkombinasikan berbagai bahan dan motif sehingga memiliki ciri khasnya.

Namun, memilih masker harus benar-benar dilakukan secara teliti. Pasalnya, sebuah tes sederhana mengungkapkan jika tidak semua masker memiliki efektivitas yang sama dalam memberikan perlindungan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Belasan Pegawai Positif Covid-19, Sebanyak 1.050 Pegawai RSUD Cibabat, Cimahi akan Jalani Swab Tes

Duke University melakukan tes terhadap berbagai variasi masker untuk melihat jenis masker yang dapat menghentikan droplet dari mulut penggunanya.

"Kami mengonfirmasi bahwa ketika orang-orang bicara, droplet berukuran kecil akan keluar," ujar salah satu peneliti sekaligus ahli kimia dan fisika, Martin Fischer.

"Sehingga penyakit (Covid-19) bisa disebarkan melalui berbicara, tanpa batuk atau bersin," sambung dia seperti dilansir WebMD.

Penelitian ini hanya menggunakan alat sederhana seperti sebuah kotak, laser, lensa, dan kamera ponsel.

Baca Juga: 4 Cara Staycation untuk Liburan di Kala Pandemi Covid-19

Halaman:

Editor: Fauzian Ahmad

Sumber: Galamedianews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x