Jaringan Internet Tidak Merata, Mobil Internet Dikerahkan Untuk Bantu PJJ di Kabupaten Purwakarta

- 11 Agustus 2020, 22:54 WIB
ILUSTRASI pembelajaran jarak jauh (PJJ).*
ILUSTRASI pembelajaran jarak jauh (PJJ).* /Pixabay/Alexandra Koch


HALOYOUTH – Tidak meratanya jaringan internet di Kabupaten Purwakarta menjadi satu kendala di kala penerapan sistem Pembelajaran Jarak Jauh.



Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan mengerahkan Unit Layanan Internet Bergerak (mobil internet) untuk membantu siswa.



Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, pada Selasa, 11 Agustus 2020 menjelaskan, mobil internet tersebut untuk membantu siswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, wilayah-wilayah pedesaan yang belum terpasang fiber optik.


Baca Juga: PDIP Rekomendasikan Yena Jadi Calon Bupati Bandung, Berpasangan dengan 'Lord' Atep Eks Persib


Fasilitas yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Purwakarta itu rencananya akan ditempatkan di tiga wilayah, yakni Tegalwaru, Sukasari dan Maniis.



"Mobil internet berjalan ditempatkan di titik-titik tertentu di sejumlah wilayah secara bergantian," katanya menjelaskan. Sebelumnya diberitakan Pikiran-rakyat.com, dalam artikel “Kabupaten Purwakarta akan Kerahkan Mobil Internet untuk Bantu PJJ“.



Namun, Anne mengakui belum bisa menempatkan fasilitas tersebut secara permanen di wilayah yang dimaksud karena keterbatasan unit yang ada.


Baca Juga: Menteri Agama Imbau Empat Syarat yang Harus Dipenuhi Madrasah jika Ingin Lakukan Pembelajaran Tatap


Lebih lanjut, dinas terkait menargetkan pemasangan sarana prasarana pemancar internet di setiap desa. Namun, rencana tersebut kini terhambat oleh pandemi COVID-19, sehingga baru dipasang di beberapa desa saja sejak 2018 lalu.



Kepala Diskominfo Purwakarta, Siti Ida Hamidah menuturkan, program tersebut akan dilanjutkan sekitar bulan September 2020 mendatang.



Untuk sementara waktu, masyarakat diminta memaksimalkan mobil internet milik pemerintah daerah yang hanya tersedia satu unit.***(Hilmi Abdul Halim/PR)

Baca Juga: Pekan Menyusui Dunia, UNICEF: Iklan Susu Formula di Indonesia Kurang Pantas

Editor: Ade Rosman

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x