IAKMI Sebut Vaksin Covid-19 tidak akan selesai Januari 2021

- 15 Agustus 2020, 20:34 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19 /Pexels/

HALOYOUTH – Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra menjelaskan proses ilmiah vaksin Covid-19 memerlukan waktu yang cukup panjang.

Baca Juga: Akibat Lalaikan Protokol Kesehatan, Tujuh Anggota DPRD Jabar Terinfeksi Covid-19

Oleh karena itu vaksin tidak dapat diedarkan ke publik secara cepat seperti yang telah diprediksi yaitu pada Januari 2021.

"Sebenarnya kita mampu menyimpulkan sementara bahwa vaksin ini tidak secepat yang kita bayangkan, kebertahapannya itu pastilah menjadi bagian dari kehati-hatian ilmiah," ujar Hermawan dalam acara Polemik MNC Trijaya bertajuk "Menanti Vaksin Covid-19" secara virtual, Sabtu (15/8/2020).

Baca Juga: Polisi telah Tunjukkan 2 Sketsa Wajah Penembak Pengusaha di Kelapa Gading

Dilansir dari Wartaekonomi, Hermawan mengatakan, selasar dengan disampaikannya Bio Farma, awal 2021 proses uji klinis tahap tiga vaksin baru sampai interim report dan nantinya harus melewati regulatory review dan approval terlebih dahulu.

Oleh karena itu, Hermawan mengingatkan kepada masyarakat agar tidak terlalu percaya diri vaksin Covid-19 akan diproduksi pada awal Januari 2021.

Baca Juga: Hingga Sabtu 15 Agustus 2020, Korban Jiwa Akibat COVID-19 di Indonesia Mencapai 6.071 Orang

"Sebagai masyarakat kita tidak boleh terlalu over confidence ada vaksin pada awal Januari sekali, tetapi kita tetap berharap dan optimis dengan kita sadar dan sabar dengan berperilaku hidup sehat, itu bagian besar dalam sumbangan kita kendalikan covid," pungkasnya. ***

Editor: Alvin Aditya Saputra

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x