5 Chat Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Menghibur Teman yang Sedang Kesulitan

- 28 Maret 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi Depresi/pixabay//
Ilustrasi Depresi/pixabay// /

HALOYOUTH - Menghibur teman yang tertekan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, dari mulai memberi pelukan penuh kasih hingga mengirimi mereka pesan yang menyentuh hati. 

Menurut pakar persahabatan dan penulis buku ‘We Should Get Together: The Secret to Cultivating Better Friendships’, Kat Vellos, ada empat cara utama menghibur teman saat mereka sedang kesusahan, yakni dukungan emosional, dukungan nyata, dukungan informasional, dan dukungan persahabatan.

“Dukungan emosional terlihat seperti memberi seseorang cinta, kasih sayang, perhatian, empati, kata-kata penegasan, dan interaksi lain yang memunculkan semua perasaan hangat,” kata Kat Vellos seperti dikutip dari Bustle.

Baca Juga: Ciri-ciri Hubungan Pertemanan yang Tidak Sehat atau Toxic Friendship, Pernah Mengalaminya?

Adapun menghibur teman lewat dukungan nyata bersifat konkret dan langsung, seperti memberi teman hadiah benda fisik atau uang untuk membeli kopi. Sementara dukungan informasional, bisa dilakukan dengan memberikan saran tentang masalah yang tengah mereka hadapi.

“Dan kategori terakhir, dukungan pendamping adalah tentang hadir menemani mereka untuk merasakan kesulitan yang dihadapi,” kata Kat Vellos.

Tak bisa dipungkiri bahwa kita tidak dapat berada di sisi teman kita sepanjang waktu. Oleh karena itu, mengirimi beberapa chat saat temanmu mengalami hari yang buruk barangkali bisa membantu membuat beban mereka terasa sedikit lebih mudah.

Berikut chat yang bisa kamu kirimkan kepada teman yang sedang mengalami kesulitan:

1. “Maaf aku enggak bisa nemenin langsung. Mau kutemani ngobrol via telepon?”

Halaman:

Editor: Rifqiyudin


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x