AS Galang Banyak Negara dalam KTT untuk Perangi Pemanasan Global Melalui Teknologi

- 24 April 2021, 04:12 WIB
Presiden AS Joe Biden
Presiden AS Joe Biden /Johanna Geron/ Pool/Reuters

HALOYOUTH - Presiden AS Joe Biden meminta negara-negara untuk bekerja sama dalam transisi menuju energi bersih. Hal tersebut disampaikan Biden di hari terakhir KTT untuk menggalang ambisi dunia dalam mengurangi pemanasan global.

"Negara-negara yang bekerja sama untuk berinvestasi dalam ekonomi yang lebih bersih akan menuai hasil bagi warganya," Kata Biden dalam KTT virtual, Jum'at, 23 April 2021.

Biden menyerukan pertemuan dengan puluhan kepala negara untuk mendeklarasikan Amerika Serikat kembali ke meja kepemimpinan iklim setelah pendahulunya, mantan Presiden Donald Trump, menarik diri dari Perjanjian Paris 2015 untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Biden, yang mengembalikan Amerika Serikat ke perjanjian 2015 itu mengumumkan target baru AS pada hari Kamis untuk mengurangi emisinya 50 persen - 52 persen pada tahun 2030 dibandingkan dengan 2005 yang penggunaannya melonjak. Jepang dan Kanada juga menaikkan target mereka dalam mengurangi emisinya.

“Komitmen yang kami buat harus menjadi nyata, komitmen tanpa kita lakukan itu hanya akan menjadi omong kosong," kata Biden dikutip Haloyouth.pikiran-rakyat.com dari Reuters.

Biden mengatakan bahwa dia bersuka cita dengan seruan Presiden Rusia, Vladimir Putin agar dunia berkolaborasi dalam penghapusan karbon dioksida tingkat lanjut dan bahwa Amerika Serikat berharap dapat bekerja sama dengan Rusia dan negara-negara lain dalam teknologi tersebut.

Putin dan Presiden China Xi Jinping berbicara di KTT pada hari Kamis, namun tidak menawarkan janji baru untuk mengurangi emisi entah karena faktor apa.

KTT AS adalah yang pertama dari serangkaian pertemuan para pemimpin dunia - termasuk G7 dan G20 - menjelang pembicaraan iklim tahunan PBB pada November mendatang di Skotlandia. Pertemuan itu akan menjadi tenggat waktu bagi hampir 200 negara untuk memperbarui janji iklim mereka di bawah pakta Paris.

Dalam hal investasi untuk mengurangi pemanasan global seperti yang Biden bilang, Bill Gates mendukung penuh upaya itu dan memberikan kucuran dana guna menurunkan biaya teknologi bersih.

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah