Jaga Kelestarian Pulau Papole, Mahasiswa KKN Kelompok 11 UNMA Banten Gandeng Stakeholder Tanam Seribu Mangrove

- 9 Agustus 2023, 11:29 WIB
Mahasiswa KKN Kelompok 11 UNMA Banten Tanam Mangrove di Pulau Papole
Mahasiswa KKN Kelompok 11 UNMA Banten Tanam Mangrove di Pulau Papole /Dok KKN Kelompok 11 UNMA Banten/

HALOYOUTH - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 11 dari Universitas Mathlaul Anwar (UNMA) Banten telah sukses melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove di Kawasan Pulau Papole, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang bertujuan kuat untuk mengurangi abrasi yang telah mengancam keindahan pesisir pantai Pulau Papole, Rabu 9 Agustus 2023.

Dalam rangka mempertahankan kelestarian lingkungan pesisir, penanaman pohon mangrove ini merupakan salah satu program kerja KKN tematik UNMA Banten tahun 2023. Sebelum penanaman dilakukan, kelompok tersebut juga melakukan kegiatan bersih pantai guna menjaga kebersihan wilayah sekitar.

Hal ini menunjukkan komitmen mereka bukan hanya dalam menanam pohon, tetapi juga dalam menjaga ekosistem secara keseluruhan.

Ketua Pelaksana KKN Kelompok 11, Imal Haq, menjelaskan bahwa program ini telah melibatkan kerjasama dengan Aparatur Desa Cigondang, Karang Taruna Desa Cigondang, dan Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL).

"Kami melihat kegiatan ini sebagai sinergi nyata dalam mendukung keberlangsungan alam demi masa depan bangsa. Kami berharap pohon-pohon yang kami tanam akan memberikan dampak positif bagi habitat bekantan serta menjaga keseimbangan dan kelestarian alam," katanya.

Tidak hanya itu, dosen pendamping lapangan dari kelompok 11, Ibu Purlilaiceu, M.PD., juga turut memberikan pandangannya mengenai pentingnya kegiatan ini.

Menurutnya, penanaman pohon mangrove menjadi langkah konkret dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir dan mendukung masyarakat lokal," tuturnya.

Baca Juga: Dijuluki Kepala Daerah Termiskin, Segini Kekayaan Walikota Tangerang Selatan, Punya Hutang Rp1.071.173.315

Halaman:

Editor: Adi Riyadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x