Menlu Retno Marsudi Sampaikan Duka Mendalam Atas Meninggalnya Presiden dan Menlu Iran

- 21 Mei 2024, 09:40 WIB
Menlu RI, Retno Marsudi.
Menlu RI, Retno Marsudi. / Youtube MoFa Indonesia/

HALOYOUTH - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, mengucapkan rasa duka cita yang mendalam atas kepergian Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menlu Iran Hossein Amirabdollahian.

"Innalillahi wainnailaihi raji'un. Saya turut berduka cita atas meninggalnya Presiden Ebrahim Raisi & Menlu Iran Hossein Amirabdollahian, beserta delegasi yang mendampingi Presiden," kata Retno melalui akun X-nya pada Senin, 20 Mei 2024. Dia juga berdoa dan menyampaikan simpati untuk masyarakat Iran, yang kini kehilangan sosok hebat seperti Raisi yang memimpin negaranya.

Retno juga mengenang pertemuan-pertemuannya dengan Menlu Iran, menggambarkan bahwa Menlu Iran adalah rekan kerja yang baik.

Baca Juga: Jokowi Sampaikan Dukacita Atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

"Saya mengenang pertemuan terakhir saya dengan Menteri Luar Negeri Abdollahian di Banjul, Gambia di sela-sela KTT OKI, dua pekan lalu. Beliau adalah rekan kerja yang baik & kami selalu meluangkan waktu untuk bertemu di sela-sela berbagai pertemuan. Semoga jiwanya istirahat dalam damai." Sambungnya

Sebelumnya, dilaporkan bahwa helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi, Menlu Iran Hossein Amirabdollahian, dan beberapa pejabat lainnya jatuh di Varzaqan, Provinsi Azerbaijan Timur, pada Minggu, 19 Mei 2024.

Insiden tragis itu terjadi saat Presiden Raisi dan rombongannya dalam perjalanan menuju Kota Tabriz, setelah dia meresmikan Bendungan Qiz Qalasi di wilayah Khoda Afarin, Provinsi Azerbaijan Timur, yang berbatasan langsung dengan Azerbaijan, pada Sabtu.

Baca Juga: Iran Declares Vice President Mohammad Mokhber as Acting President

Dilaporkan oleh IRNA, Senin, 20 Mei 2024, Presiden Iran Ibrahim Raisi meninggal bersama empat pejabat lainnya dalam kecelakaan helikopter jenis Bell 212 itu. Empat pejabat Iran yang turut serta bersama Presiden Iran Raisi adalah Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, dan Mehdi Mousavi, kepala tim pengawal Raisi, yang semuanya berada di dalam pesawat yang jatuh tersebut.

Halaman:

Editor: Imam Tantowi

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah