Punya KIS? Ini Cara Mudah dapat Bansos Rp 300 tiap Bulan dari Kemensos Tahun 2021

- 8 Februari 2021, 10:30 WIB
Ilustrasi bansos 2021 yang diberikan pemerintah.
Ilustrasi bansos 2021 yang diberikan pemerintah. /KabarJoglosemar.com/Ayusandra

HALOYOUTH.COM - Pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) dipastikan bisa dapat Bansos BST Rp 300 Ribu per Bulan dari Kemensos, Simak Cara Pencairan Dana Bantuan disini.

Penyaluran BST Rp300 ribu sendiri berlangsung hingga bulan April 2021 di kantor pos serta ada juga yang langsung ditransfer oleh pihak Kemensos ke nomor rekening masing-masing.

Bagi Anda yang ingin mengecek nama penerima BST Rp300 ribu yang cair kembali di bulan Februari ini, bisa langsung mengakses laman dtks.kemensos.go.id.

Baca Juga: Tak Seperti di Drakor Mr. Queen, Raja Cheoljong Ternyata Dikenal Sebagai Raja yang Buta Huruf dan Doyan Wanita

Caranya, cukup login dengan identitas yang dimiliki yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

Anda juga bisa menggunakan nomor identitas yang diperoleh saat warga resmi terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sempat disebut Basis Data Terpadu (BDT).

Tak hanya itu, untuk cek bansos Rp 300 ribu bisa juga menggunakan identitas berupa deretan nomor ID pada program Penerima Bantuan Iuran (PBI) program Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Apabila sewaktu mengecek di dtks.kemensos.go.id nomor NIK atau Kartu KIS atau nomor pendaftaran DTKS Anda tercatat sebagai penerima bansos, maka Anda tinggal langsung login atau masuk ke laman DTKS.

Baca Juga: Produser Drakor Mr. Queen Beri Bocoran Ending Kisah Cinta Raja Cheoljong dan Ratu Kim So Young

Jika satu dari tiga identitas tersebut ada, calon penerima bansos tunai bisa langsung login https://dtks.kemensos.go.id untuk cek bansos Rp 300 ribu.

Kolom login terdapat di sisi kiri atas tampilan desktop situs DTKS.

1. Pilih ID kepesertaan yang dimiliki

2. Ketik nomor kepesertaan dari ID yang dimiliki

3. Ketik nama sesuai ID

4. Masukkan huruf kode yang terlihat dalam kotak

5. Jika kode yang dimasukkan tidak sesuai, klik kotak kode untuk mendapatkan yang baru.

Nantinya, di DTKS akan tertulis "Sistem akan mencocokkan ID dan Nama yang diketik dengan yang ada dalam database DTKS", Keterangan DTKS terkait cara kerja sistem tersebut.

Bagi Anda yang akan melakukan pencairan dana Bansos BST Kemensos Rp300 ribu di PT Pos Indonesia, para KPM harus membawa dokumen sebagai berikut:

1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Halaman:

Editor: Andreas

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah