Holikopter Tanpa Awak Milik NASA Sukses Mendarat di Mars

- 19 April 2021, 20:42 WIB
Bayangan helikopter Mars NASA Ingenuity terlihat selama penerbangan pertamanya di planet ini dalam gambar diam yang diambil dari sebuah video pada 19 April 2021. NASA
Bayangan helikopter Mars NASA Ingenuity terlihat selama penerbangan pertamanya di planet ini dalam gambar diam yang diambil dari sebuah video pada 19 April 2021. NASA // JPL-Caltech / ASU /Handout via REUTERS

HALOYOUTH-Helikopter robot milik NASA, Ingenuity, berhasil lepas landas dan mendarat di Mars. Ini merupakan pencapaian penerbangan pertama yang ditenagai dan dikendalikan oleh pesawat dari planet lain, kata badan antariksa AS dalam sebuah keterangan pada Senin Pagi, 19 April 2021

Debut pusaran rotor ganda di Planet Merah menandai momen Wright Brothers abad ke-21 bagi NASA, atas keberhasilannya dapat membuka jalan bagi mode eksplorasi baru di Mars dan tujuan lain di tata surya, seperti Venus dan bulan Saturnus, Titan.

Baca Juga: Roket NASA yang Diluncurkan Tahun 1966 Tiba-tiba 'Kembali ke Bumi'

Manajer misi di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA dekat Los Angeles bertepuk tangan dan bersorak ketika data teknik dikirim kembali dari Mars mengonfirmasi bahwa helikopter bertenaga surya seberat 1,8 kg itu telah melakukan penerbangan perdananya selama 40 detik tepat seperti direncanakan tiga jam sebelumnya.

Helikopter robot diprogram untuk naik 10 kaki (3 meter) lurus ke atas, lalu melayang dan berputar di atas permukaan Mars selama setengah menit sebelum kembali ke keempat kakinya.

Selama presentasi NASA tentang acara yang disiarkan langsung dari markas JPL, manajer misi juga menampilkan gambar pertama dari penerbangan tersebut.

Sebuah foto hitam-putih yang diambil dengan kamera yang mengarah ke bawah saat helikopter di atas menunjukkan bayangan berbeda yang dihasilkan oleh Ingenuity di bawah sinar matahari Mars ke tanah tepat di bawahnya.

Baca Juga: NASA Tunjukkan Rasanya Terbang dengan Kecepatan Cahaya

Dan cuplikan rekaman video berwarna yang ditangkap oleh kamera terpisah yang dipasang di Perseverance rover Mars NASA, yang diparkir sekitar 200 kaki, menunjukkan helikopter sedang terbang melawan lanskap berwarna oranye di sekitarnya.

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x