Tangkal Ancaman Bitcoin, China Perluas Mata Uang Digital ke Setiap Kota

- 19 April 2021, 06:18 WIB
Bendera China.
Bendera China. /Pixabay/glaborde7/

HALOYOUTH - China salah satu negara yang mempelopori di dunia dalam meluncurkan mata uang digital. Mata uang digital itu dibuat untuk memodernisasi sistem keuangan dan menangkal ancaman dari cryptocurrency seperti bitcoin dan mempercepat pembayaran domestik dan internasional.

Uang digital tersebut rencananya akan diperluas ke kota-kota lainnya. Mata uang digital ini pernah dilakukan uni coba pada tahun lalu di beberapa kota seperti Suzhou, Shenzhen, Chendu dan Xiong'an.

Wakil Gubernur Bank Sentral China, Li Bo, mengatakan dalam sebuah pertemuan tahunan kepada eksekutif, akademisi, dan mentri luar negeri bahwa dalam waktu dekat negara Tirai Bambu akan memperluas eksperimen mata uang digitalnya ke lebih banyak kota.

Li mengatakan pengujian telah menunjukkan bahwa penerbitan dan mekanisme distribusi yuan digital, atau e-CNY, kompatibel dengan sistem keuangan yang ada, dan membantu meminimalkan dampak pada sektor perbankan.

"China akan terus meningkatkan ekosistem e-CNY, meningkatkan keamanan dan keandalannya, dan menyiapkan seperangkat kerangka hukum dan peraturan," kata Li dalam Forum Boao yang telah terselenggara di provinsi pulau selatan Hainan sebagaimana dikutip Haloyouth.pikiran-rakyat.com dari Reuters pada Senin, 19 April 2021.

Mata uang digital rencananya akan digunakan oleh warga negara China serta pengunjung asing ke Olimpiade Musim Dingin Beijing yang akan diadakan tahun depan.

Li juga mengatakan fokus pengembangan e-CNY akan terutama untuk penggunaan domestik, sambil bekerja sama dengan negara lain untuk menemukan solusi pembayaran lintas negara dalam jangka panjang.

"Internasionalisasi yuan akan menjadi proses alami, dan tujuan China bukanlah untuk menggantikan dolar AS atau mata uang global lainnya, tetapi membiarkan pasar membuat pilihan", tambah Li.

Zhou Xiaochuan, mantan gubernur bank sentral China, mengatakan kepada forum yang sama bahwa motivasi awal China untuk mengembangkan yuan digital adalah untuk pembayaran ritel domestik, bukan untuk pembayaran lintas batas, yang masih menghadapi banyak masalah kompleks.***

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah