Pengurus Masjid Istiqlal Tiadakan Solat Idul Fitri 2021 Berjamaah

- 12 Mei 2021, 11:00 WIB
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal /Sumber Foto : Pikiran Rakyat/ Amir Faisol/

HALOYOUTH - Akibat di tengah situasi pandemi Covid-19, Pengurus Masjid Istiqlal memutuskan untuk tidak menggelar solat Idul Fitru 1442 H.

Hal itu dilakukan oleh pihaknya untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Sebelumnya pengurus Masjid Istiqlal berniat melaksanakan solat Idul Fitri 1442 H berjemaah dengan membatasi 10 persen jemaah dari kapasitas masjid sebesar 250.000 orang.

Baca Juga: Netizen Ramai Ingin Jadi PNS Usai Nagita Slavina Bagikan Hampers

"Sesuai dengan keputusan dalam rapat, Istiqlal tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri di tahun ini," kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dikutip Haloyouth-PikiranRakyat.com melalui Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara pada Selasa, 12 Mei 2021.

Pengurus Masjid Istiqlal telah berkoordinasi dengan Dewan Pengarah Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), Badan ini beranggotakan Menko PMK Muhajir Effendy dan Menteri Sekneg Pratikno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Miftachul Akhyar.

Namun, jumlah tadi dinilai masih bisa menimbulkan kerumunan yang berpotensi menularkan Covid-19.

"Mengingat Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara, 10 persen dari kapasitas masjid bukan jumlah yang sedikit. Jika ada ribuan jamaah yang datang, nanti mereka pasti akan melewati tangga atau jalur yang sama, dan hal itu dikhawatirkan akan menjadi sebab terjadinya penyebaran Covid-19," tuturnya.

Baca Juga: Nagita Slavina Cover Original Soundtrack Ikatan Cinta, Netizen: Biasa Aja Lah

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: PR Depok


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x