Waspadai Kebiasaan yang Membahayakan, Bikin Otak Kerdil Bahkan Rusak.

- 16 Mei 2021, 19:54 WIB
Ilustrasi otak.
Ilustrasi otak. /Pixabay/ Pete

HaloYouth-Aktivitas sehari-hari menentukan perkembangan otak. Otak merupakan organ vital yang berada dalam tubuh manusia, walaupun bentuknya kecil otak berfungsi sebagai sistem keseimbangan dan mengatur segala pergerakan manusia.

Menerapkan pola hidup sehat tidak hanya untuk tubuh tapi berguna juga untuk perkembangan otak. Sayangnya banyak orang yang masih menyepelekan kesehatan otak, kebiasaan kecil ini ternyata berdampak pada kesehatan otak. Jika terus menerus dilakukan dampaknya akan berbahaya, seperti otak yang kerdil (lambat berpikir) bahkan mengalami kerusakan.

Simak apa saja kebiasaan yang dapat membahayakan otak, berikut ulasannya:

Baca Juga: Mengejutkan! Ternyata Patah Hati Dapat Menyebabkan Stres Pada Otak Memicu Sindrom Takotsubo

1. Tidak sarapan
Tidak sarapan dapat menurunkan kadar glukosa/gula dalam darah, hal ini menyebabkan menurunnya fungsi otak akibat kekurangan asupan glukosa/gula.

2. Menutup kepala dengan selimut ketika tidur

Siapa sangka kebiasaan yang sering dilakukan ini dampak berakibat fatal. Tidur dalam keadaan kepala tertutup selimut dapat mengurangi asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh, sehingga yang kamu hirup adalah karbon dioksida. Akibatnya kamu akan mengalami pusing karena kurangnya kadar oksigen yang masuk ke dalam otak.

3. Kurangnya latihan otak

Membaca merupakan salah satu latihan mengasah kemampuan otak, sayangnya membaca dianggap kegiatan yang membosankan bagi sebagian orang. Kurangnya membaca membuat otak lemah berpikir dan tidak cerdas.

Halaman:

Editor: Rifqiyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah