Gempa Bumi Guncang Blitar, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

- 22 Mei 2021, 13:23 WIB
Gempa bumi berkekuatan 6,2 mengguncang wilayah Kabupaten Blitar pada Jumat (21/5) malam sekitar pukul 19.00 WIB.
Gempa bumi berkekuatan 6,2 mengguncang wilayah Kabupaten Blitar pada Jumat (21/5) malam sekitar pukul 19.00 WIB. /Instagram/@infoBMKG/

HALOYOUTH- Gempa bumi berkekuatan 6,2 mengguncang wilayah Kabupaten Blitar pada Jumat (21/5) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isue yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hindari bangunan yang retak, atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kesetabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah," tulis BMKG dalam akun instagram miliknya @infoBMKG sebagaimana dikutip Haloyouth.pikiran.rakyat.com pada Sabtu, 22 Mei 2021.

Baca Juga: Gempa Bumi Goyang Blitar, 92 Bangunan Rusak dan 2 Korban Luka, Berikut Daftar Wilayah Terdampak?

BMKG juga meminta masyarakat tidak terhasut oleh isu yang bredar di media soial diluar situs resmi BMKG.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi intagram/twitter @infoBMKG,"

Sebelumnya, BMKG menyatakan episenter gempa terletak pada koordinat berada di 57 kilometer arah Tenggara Kabupaten Blitar dengan kedalaman 110 kilometer.

Baca Juga: Gempa Bumi dengan Kekuatan 7,4 Magnitudo Getarkan China Sabtu Dini Hari

Hingga hari Jumat, 21 Mei 2021 pukul 20.00 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan sebanyak 2 Kali (aftershock) dengan magnitudo 3,1 dan 2,9.

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah