Kreatif & Estetik! Madrasah ini Manfaatkan Sampah jadi Ecobrick

- 25 Oktober 2023, 16:13 WIB
Kreatif & Estetik! Madrasah ini Manfaatkan Sampah jadi Ecobrick
Kreatif & Estetik! Madrasah ini Manfaatkan Sampah jadi Ecobrick /Foto: Ahmad Kholiyi/MTsN 6 Pandeglang/

HALOYOUTH - Sampah menjadi persoalan utama di dunia sekarang. Mengutip databoks.com, Indonesia merupakan negara penghasil sampah terbesar ke-5 di Dunia pada 2020.

Hal ini tercatat dalam laporan Bank Dunia yang bertajuk The Atlas of Sustainable Development Goals 2023. Menurut laporan tersebut, pada 2020 Indonesia memproduksi sekitar 65,2 juta ton sampah.

Sampah pelastik menjadi penyumbang terbesar persoalan sampah di Indonesia yang memiliki jumlah warga negara terbesar ke-4 di dunia ini.

Karena sifatnya yang tidak dapat terurai, limbah plastik seringkali mencemari berbagai macam hal dan mengancam setiap elemen yang berada dalam bumi.

Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan sampah dari hulu ke hilir masih sangat rendah. Hal ini kemudian mendorong inisiatif MTs Negeri 6 Pandeglang memanfaatkan sampah pelastik menjadi sesuatu yang estetik dan menarik yakni menjadi sebuah Spot Landmark bertuliskan 'MTS N 6 PANDEGLANG'.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 157 158 159: Uji Kompetensi Pilihan Ganda

Pengelolaan sampah pelastik menjadi 'Ecobrick' adalah upaya sekaligus solusi yang diwujudkan oleh MTsN 6 Pandeglang untuk mengurangi sampah pelastik terutama yang berada di lingkungan MTsN 6 Pandeglang.

Rusel Maier adalah sosok penemu dari Ecobrik ini yang merupakan seorang seniman dari Kanada di Filipina.

Ecobrick merupakan sebuah inovasi visioner yang dikembangkan sebagai solusi pengolahan limbah plastik. Diambil dari dua kata pembentuknya, eco dan brick, secara sederhana didefinisikan sebagai bata ramah lingkungan.

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah