Kenali Tentang Overthinking, Jangan Sampai Terjebak Dalam Keadaan ini!

- 29 Juli 2020, 18:03 WIB
Ilustrasi. *Pixabay /

HALOYOUTH - Setiap orang tentunya akan berpikir terlebih dahulu ketika hendak akan melakukan sesuatu atau setiap kali membuat keputusan.

Namun, tak jarang bagi segelintir orang akan berpikir keras dan menganggap hal ini sebagai sikap berhati-hati ketika hendak membuat keputusan. Tanpa disadari hal ini dapat memunculkan overthinking atau berpikiran secara berlebihan.

Overthinking kerap kali muncul pada berbagai macam keadaan. Entah karena seseorang memiliki ekspetasi tinggi yang berujung kegagalan ataupun muncul karena kenangan pahit dimasa lampau. Tanpa disadari ternyata kebiasaan overthinking tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Baca Juga: Akun Anak Sulung Donald Trump Diblokir Twitter

Dikutip dari Entrepreneur Asia Pacific, dibawah ini merupakan beberapa dampak negatif yang akan dialami oleh para overthinker:

1. Insomnia

Overthinking dapat mempengaruhi jam tidur efektif bagi overthinker. Perasaan cemas berlebih (anxiety) membuat seseorang sulit untuk memejamkan mata dan kerap kali terbangun dipertengahan tidurnya.

2. Stress

Dengan tujuan berhati-hati agar mendapatkan sesuatu yang lebih baik, overthinking ini justru akan membuat overthinker terjebak dalam pikirannya hingga sulit untuk mengontrol emosinya sendiri. Bahkan jika sudah berkelanjutan akan stress lalu depresi.

Halaman:

Editor: Fauzian Ahmad


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X