Asyik! Bikin SIM Bisa Dari Rumah, Begini Caranya?

- 10 April 2021, 11:30 WIB
Ilustrasi bikin SIM dari  rumah
Ilustrasi bikin SIM dari rumah /Pexels.com/

HALOYOUTH - Ada kabar gembira nih buat kamu yang ingin membuat serta memperpanjang Surat Izin Mengemudi alias SIM di masa pandemi Covid-19 ini.

Kini keperluan untuk mengurus SIM baik A maupun C tak lagi harus ngateri lama di tempat lokasi pembuatan SIM, cukup dari rumah lewat Smartphon kamu sudah bisa mengurus SIM.

Dikutif HALOYOUTH dari Antara pada 10 April 2021, Aplikasi SIM Online Sinar (SIM Nasional Persisi) yang menawarkan beragam kemudahan untuk mengurus SIM ini akan diluncurkan mulai 12 April mendatang.

Dalam aplikasi itu, selain pengujian teori terdapat pula uji psikologi dengan menggunakan aplikasi E-PPsi serta pelayanan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

Setelah di periksa tim medis akan memberikan hasil pemeriksaan kesehatan dan psikotes, di situ juga pemohon SIM akan dinyatakan lolos atau tidaknya.

Kendati demikian, bagi pemohon yang baru pertama kali mengajukan SIM tetap harus datang ke Satpas untuk melakukan praktik secara langsung di lokasi pembuatan SIM.

Tak cukup disitu, sebelum ke lokasi SIM pemohon juga terlebih dahulu harus melaksanakan uji teori yang terdapat pada aplikasi Sinar.

Simak, berikut langkah-langkah yang harus diikuti jika ingin melakukan pembuatan SIM secara online

1. Download aplikasi Sinar
2. Verifikasi No. HP (OTP)
3. Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie)
4. Verifijasi NIK dan SIM
5. Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas
6. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi
7. Isi rekening pengembalian (pembatalan)
8. Pilih metode pengiriman
9. Upload pas foto dan tanda tangan
10. Pembayaran PNBP dan biaya kirim
11. Cetak SIM
12. Pengiriman
13. Sim diterima pemohon.

Untuk diketahui, pembayaran juga dilakukan secara cashless, pemohon akan diminta untuk melakukan pembayaran melalui Bank BRI, baik dengan cara transfer maupun datang langsung ke Bank.***

 

 

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah