Hanya Ada di Indonesia, Beberapa Hal Unik Pada Bulan Ramadhan Tak Akan Ditemukan di Negara Lain

- 16 April 2021, 03:51 WIB
berikut adalah hal unik yang sering kali dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.
berikut adalah hal unik yang sering kali dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. /Instagram @sahurindo/

 

HALOYOUTH- Setiap Negara memiliki berbagai kebiasaan unik nya tersendiri saat menjalani ibadah puasa. Tak terlepas dari itu Indonesia pun punya caranya tersendiri dalam menikmati jalan nya puasa.

Beragam kegiatan unik pun kerap diadakan  baik secara individual maupun kelompok. berikut adalah hal unik yang sering kali dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

1. Ngabuburit

Ngabuburit merupakan kata yang berasal dari bahasa Sunda yang artinya, bersantai-santai sambil menunggu waktu sore hari. Biasanya dilakukan dengan tujuan menunggu azan Magrib menjelang berbuka puasa.

Di daerah perkotaan, ngabuburit biasanya dilakukan dengan berjalan-jalan di mall, mencari makanan berbuka atau bermain.
Bagi anak-anak desa. Bersepedah dan bermain-main di sawah merupakan Legian ngabuburit yang mengasyikan.

Sebenarnya kegiatan jenis apapun juga dapat dilakukan untuk mengisi waktu ngabuburit, namun yang terpenting dan harus diingat adalah isilah waktu ngabuburit mu dengan kegiatan yang positif dan pastinya tidak akan membatalkan puasa.

2. Bukber

Bukber adalah salah satu kegiatan yang sangat melekat dengan nuansa Ramadhan di Indonesia. Kata bukber sendiri merupakan singkatan dari buka bersama yang berarti Berbuka Puasa secara Bersama-sama, baik bersama keluarga, kerabat, teman bahkan juga mantan.

Kebiasaan bukber ini lebih bertujuan kepada menikmati kebersamaan, membangun silaturahmi dan membagi kebaikan dengan orang yang dicintai. Tradisi makan bersama dengan teman sembari berbagi cerita ketika puasa ini hanya terjadi di Indonesia.

3. Keliling Kampung Membangunkan Orang

Hal ini sangat menarik, karena kegiatan ini dilakukan beramai-ramai. Yangmana ekelompok orang akan berkeliling membangunkan para warga untuk bergegas sahur. Mulai dari usia muda hingga tua hingga anak kecil pun menganggap aktivitas ini menyenangkan.

Mereka akan membawa seluruh alat yang dapat mengeluarkan bunyi atau suara nyaring, misalnya panci penggorengan, baskom, bahkan bedug masjid pun kadang dibawa menggunakan gerobak. Kemudian mereka akan berjalan berkeliling dengan berteriak “Sahur, sahur, sahur” dengan nada-nada buatan sendiri.

4. Berubahnya Jam Kerja

Biasanya di hari pertama puasa, mayoritas sekolah akan meliburkan siswanya. Beberapa perusahaan walaupun tidak semua, mereka akan memberikan kebijakan kerja setengah hari.

Tidak hanya itu, ada beberapa perusahaan yang dengan sengaja mengosongkan waktu kerja terutama ketika menjelang waktu buka puasa.

5. Diskon dan Promo Besar-besaran

Bulan Ramadhan tidak hanya disertai dengan kegiatan seputar puasa, tetapi juga identik dengan kegiatan belanja. Bulan Ramadhan juga bisa diartikan sebagai bulan diskon.

Banyak promo yang dibuat sangat menggiurkan. Mulai dari mall, pertokoan hingga toko online pun mengadakan diskon besar-besaran.

Hal ini terjadi karena di Hari Raya Idul Fitri  biasanya orang akan membeli baju atau pakaian baru. Tidak heran para wanita  Indonesia akan sibuk memadati toko baju untuk melengkapi keceriaan lebaran nanti dengan baju-baju barunya

Dengan begitu, tentu para penjual tidak ingin melewatkan kesempatan ini dan berusaha mengumpulkan pundi-pundi rupiahnya. Bahkan pusat perbelanjaan pun banyak yang membagikan takjil gratis sebagai sarana marketing untuk menarik para pengunjung.***

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah