Khawatir dengan Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Kemkominfo Imbau Warga Belanja Daring

- 4 Mei 2021, 13:21 WIB
Situasi Pasar Tanah Abang jelang lebaran Idul Fitri
Situasi Pasar Tanah Abang jelang lebaran Idul Fitri /Antara/

HALOYOUTH - Menjelang lebaran Idul Fitri Pasar Tanah Abang terjadi lonjakan kerumunan warga untuk berbelanja.

Hal itu diketahui sejak Sabtu, 3 Mei 2021 warga memadati Pasar Tanah Abang.

Meski sebagian besar pengunjung sudah menggunakan masker, namun akibat padatnya pengunjung sehingga kerumunan tak bisa dihindarkan dan tidak ada jaga jarak antara satu sama lainnya.

Selain Tanah Abang, kerumunan juga terlihat di banyak lokasi, khususnya pusat-pusat perbelanjaan, lantaran Tunjangan Hari Raya (THR) sudah mulai dicairkan.

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Gunawan mengaku khawatir dengan terjadinya kerumunan di Pasar Tanah Abang dan di berbagai tempat lainnya.

Meskipun di sisi lain, pemerintah juga tengah menggenjot pertumbuhan ekonomi, salah satunya dengan meningkatkan konsumsi masyarakat.

Salah satu alternatif untuk menjaga konsumsi masyarakat tetap tinggi tanpa harus berkerumun adalah belanja di marketplace.

Gunawan mengimbau agar masyarakat di tengah situasi penularan pandemi Covid-19 yang masih tinggi, untuk menghindari kerumunan seperti pasar, diganti dengan berbelanja di marketplace.

“Kita mengharapkan warga untuk bijak. Meskipun THR sudah cair dan berbelanja jelang lebaran adalah tradisi tiap tahun, namun penularan Covid-19 juga masih mengkhawatirkan. Solusinya, tidak usah ke pasar, cukup berbelanja menggunakan teknologi saja, semua sudah tersedia sekarang di marketplace,” ujar Gunawan melalui siaran persnya, Selasa, 4 Mei 2021.

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x