Ucapkan Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2021, Gubernur WH: Jaya Terus Indonesia, Banten Maju dan Berkah

- 20 Mei 2021, 11:47 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim alias WH mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2021.
Gubernur Banten Wahidin Halim alias WH mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2021. /Instagram/@wh_wahidinhalim/

HALOYOUTH- Gubernur Banten Wahidin Halim alias WH mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2021.

WH mengurai rentetan sejarah Harkitnas yang kerap diperingati setiap 20 Mei ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Budi Utomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928).

"Budi Utomo adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial ekonomi, dan kebudayaan, tetapi tidak bersifat politik," ucap WH sebagaimana dikutip Haloyouth.pikiran.rakyat.com dari akun instagram miliknya @channel_wh pada Kamis, 20 Mei 2021.

"Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menuliskan perjuangan yang selama ini bersifat kedaerahan berubah bersifat nasional dengan tujuan mencapai kemerdekaan Indonesia," tambahnya.

Baca Juga: 5 Ucapan Hari Kebangkitan Nasional 2021 Cocok Digunakan di Media sosial, Yuk Bagikan di WA, FB, Hingga Twitter

Kemudian, Mantan Walikota Tangerang itu menerangkan, Presiden Soekarno menetapkan tanggal 20 Mei 1948 sebagai hari kebangkitan nasional di Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Setelah itu, Penetapan tersebut diperkuat dengan Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 1985 tentang penyelenggaraan peringatan Hari Kebangkitan Nasional

"Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Jasa Terus Indonesia, Banten Maju dan Berkah," katanya.

Sebagaimana diketahui, Dikutip dari laman Kemdikbud, Hari Kebangkitan Nasional diperingati tiap tanggal 20 Mei karena diambil dari tanggal lahirnya organisasi Boedi Oetomo.

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x