Subduksi di Utara Sulawesi, Toli-toli Diguncang Gempa dengan Magnitudo 5,3

- 29 Mei 2021, 19:08 WIB
Lokasi gempa bumi Kabupaten Toli-toli Sulteng magnitudo 5,3
Lokasi gempa bumi Kabupaten Toli-toli Sulteng magnitudo 5,3 /BMKG

HALOYOUTH- Gempa tektonik kembali mengguncang wilayah Indonesia dengan kekuatan Magnitudo 5,3 yang saat ini telah mengguncang daerah Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah pukul 08.25, Sabtu, 29 Mei 2021.

Info dari BMKG bahwa gempa ini disebabkan oleh aktivitas subduksi diutara Sulawesi, gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,3 lalu dilakukan pemutakhiran menjadi 5,2.

Kepala Pusat Gempa Bumi Dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno memberikan Keterangan, " Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi diutara Sulawesi" ucapnya.

Baca Juga: Buku Harian Seorang Istri Sabtu 29 Mei 2021, Alya Tidak Berkutik! Dewa Tanyakan Kebenaran Pasha Anak Bu Nawang

Episenter gempa bumi terletak pada kordinat 1,07 LU dan 120,03 BT, tepat nya berada dilaut dikedalaman 27 Km dengan jarak 87 km arah barat Kota Tolitoli Sulawesi Tengah.

Teruntuk guncangan dirasakan didaerah Tolitoli dan Balukang, namun Bambang mengatakan masih belum ada laporan tentang dampak kerusakanbyang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

BMKG berharap masyarakat tetap tenang sebab dalam hasil monitoring BMKG belum menunjukan akan adanya aktivitas gempa susulan dan tidak berpotensi tsunami.***

Editor: Rifqiyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah