170 Orang ODGJ di Sulawesi Selatan Dinyatakan Sembuh Meski Tak Divaksin. Apa Rahasianya ?

- 24 Juni 2021, 20:00 WIB
Ilustrasi/ kemenkes.go.id
Ilustrasi/ kemenkes.go.id /

HALOYOUTH - Dikabarkan bahwa terdapat 170 Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Dadi (RSKD) Sulawesi Selatan dinyatakan sembuh setelah positif terinfeksi Covid-19.

Hal tersebut tentu sangat mengejutkan banyak pihak karena, karena untuk dapat sembuh dari Covid-19 tentu saja harus melalui karantina dan perawatan, asupan makanan serta olahraga.

Banyak orang bertanya-tanya mengapa 170 ODGJ tersebut dapat sembuh, padahal hari ini kasus Covid-19 di Indonesia semakin menggila.

Dokter dari RSKD Sulawesi Selatan, dr. Arman Bausat mengatakan rahasia ODGJ tersebut karena mereka secara psikologis tidak memikirkan atau stres terhadap penyakit Covid-19 ini.

Baca Juga: Selain Otak, Jantung, dan Ginjal, Covid-19 Juga Bisa Sebabkan Diabetes, Benarkah? Begini Penjelasannya

"170 pasien ODGJ telah sembuh total, karena mereka tidak memikirkan penyakitnya. Ini mereka gangguan jiwa, jadi tidak pusing, karena stress itu sangat mempengaruhi," Ujar dr. Arman dikutip oleh Haloyouth-Pikiran-Rakyat.com dari Instagram @musemediaid.
pada Kamis 24 Juni 2021.

Menurut dr. Arman, salah satu penyebab Covid-19 kian meningkat adalah karena faktor stress.

Stres yang hadir memperlambat proses penyembuhan total oleh tubuh, sehingga dapat menyerang sistem kekebalan tubuh atau imun untuk melakukan pertahanan.

ODGJ tersebut tentu saja tidak stres memikirkan Covid-19, oleh karena itu proses penyembuhan menjadi semakin cepat.

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: Instagram @musemediaid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x