Pandeglang Diguncang Gempa, BMKG Sebut Tidak Berpotensi Tsunami

- 7 Oktober 2021, 12:58 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi //Tumisu/Pixabay//

HALOYOUTH - Wilayah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten diguncang  gempa bumi tektonik berkekuatan M 4,7, pada Kamis 7 Oktober 2021, pukul 08.05 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho mengatakan mengatakan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan diberbagai wilayah

Berdasarkan gambaran peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Sumur, Cikeusik, Labuan, Cimanggu, Cinangka, Binuangeun, Cijaku, Malingping, Cinangka, Cilegon, Kota Serang dengan Skala Intensitas II - III MMI.

"Getaran gempabumi ini dirasakan oleh beberapa orang di dalam rumah, di mana benda-benda ringan yang digantung bergoyang, Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," papar Hendro dalam keterangannya.

Baca Juga: Indonesia Gugur di Piala Thomas Gara-gara Terkena Insiden Ini

Hingga pukul saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Dipastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya.***

Editor: Adi Riyadi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x