Muktamar NU Ke 34 di Buka, Said Aqil Ungkap Peci dan Sarung Adalah Simbol Umat Islam di Nusantara

- 22 Desember 2021, 21:35 WIB
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj berpidato di Muktamar ke-34 NU di Lampung, Rabu, 22 Desember 2021
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj berpidato di Muktamar ke-34 NU di Lampung, Rabu, 22 Desember 2021 /YouTube TVNU/

HALOYOUTH - Dalam pembukaan Muktamar NU yang ke 34 di Pondok Pesantren Daarussa'adah, Lampung pada Hari Rabu 22 Desember 2021 secara khusus Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menyoroti peci dan sarung yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Said Aqil Siradj mengatakan bahwa peci dan sarung adalah salah satu simbol yang melekat bagi umat Islam yang ada di Indonesia.

"Kita kaya dengan simbol-simbol, antara lain yang dipakai Presiden hari ini, peci dan sarung simbol Islam Nusantara," ujar Said Aqil dikutip Haloyouth dari PMJNews

Baca Juga: Sudah Bertemu dengan Pengurus 474 Cabang, Gus Yahya Klaim Didukung Mayoritas Peserta Muktamar NU

Menurut Said, peci dan sarung selain simbol yang memiliki arti keagamaan, juga menjadi simbol kekayaan bagi umat Islam Indonesia.

Menurutnya banyak contoh-contoh yang ada di Indonesia, namun dirinya hanya memberikan contoh hanya simbol peci dan sarung saja.

"Dalam arti teologi, tapi itulah simbol umat Islam Indonesia. Banyak contohnya, tapi hari ini kita contohkan simbol peci dan sarung," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Said Aqil juga menceritakan perbandingan agama dan nasionalisme di Indonesia dengan Timur Tengah, termasuk di Arab Saudi.

Baca Juga: Viral di Whatsaap, Video Buruh Acak – Acak dan Ambil Alih Ruang Kerja Gubernur Banten

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah