Kokohkan Akhlak Anak di Bulan Puasa, TBM Lentera Pustaka Gelar 'Ngabubu-Read Ramadhan Ceria'

- 10 April 2022, 11:34 WIB
Kokohkan Akhlak Anak di Bulan Puasa, TBM Lentera Pustaka Gelar 'Ngabubu-Read Ramadhan Ceria'
Kokohkan Akhlak Anak di Bulan Puasa, TBM Lentera Pustaka Gelar 'Ngabubu-Read Ramadhan Ceria' /Dok Syarifudin Yunus/

HALOYOUTH - Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, di bulan ini semua aktifitas yang dilakukan bernilai ibadah, seperti puasa dengan menahan diri dari hal-hal yang membatalkanya termasuk menahan lapar dan haus, tadarusan, bersedekah, dan zikir.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan ibadah dibulan puasa, salah satunya yang sangat familiar di masyarakat Indonesia adalah ngabuburit.

Ngabuburit adalah suatu aktifitas atau kegiatan yang menghabiskan waktu untuk menunggu azan maghrib, ngabuburit yang baik tentu harus diisi dengan kegiatan yang positif seperti tadarus, pengajian atau berzikir.

Seperti halnya dilakukan oleh TBM Lentera Pustaka yang terletak di kaki Gunung Salak Bogor dengan menggelar program “Ngabubu Read Ramadhan Ceria”, di TBM ini ngabuburit dilakukan dengan 1) tadarusan pada Rabu dan Jumat, 2) Khataman Al Quran setiap Sabtu, 3) Sedekah Takjilan 100 paket setiap Sabtu, dan 4) Tausiyah Literasi dan doa jelang buka puasa setiap Sabtu. 

Baca Juga: Lakukan Tips Ini, Tubuh Tetap Sehat Saat Jalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Melalui “Ngabubu-Read” di bulan puasa ini, TBM Lentera Pustaka mengajarkan 120-an anak pembaca aktif untuk makin 'Mengokohkan akhlak dengan iman, menaklukkan dunia dengan Al Quran'.

Pendiri TBM Lentera Pustaka Syarifudin Yunus mengatakan bahwa TBM nya rutin selalu melaksanakan Ngabubu Read setiap tahun, disamping itu selain ada tausiyah literasi dirinya juga menyediakan takjilan berbuka puasa untuk anak-anak pembaca aktif di taman bacaanya agar mereka senang dalam menjalani ibadah puasa.

“Ngabubu Read TBM Lentera Pustaka ini selalu digelar setiap tahun. Kami sediakan takjilan, di samping tausiyah literasi. Agar anak-anak pembaca aktif di taman bacaan lebih senang menjalani ibadah puasa. Ini momen penting untuk kokohkan akhlak anak-anak” kata Syarifudin Yunus kepada Haloyouth.com

Menurutnya, bulan puasa adalah momen penggemblengan lahir batin untuk menjadi manusia yang lebih baik sesudah sebulan penuh berpuasa. 

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah