Kasus Corona di Jepang Melonjak, Olimpiade Tokyo Terancam Batal

- 17 April 2021, 19:23 WIB
Olimpiade Tokyo 2020 terancam batal karena kasus corona di Jepang terus melonjak.
Olimpiade Tokyo 2020 terancam batal karena kasus corona di Jepang terus melonjak. /Instagram @olympics2021/

 

HALOYOUTH- Kasus corona di Jepang telah memasuki gelombang keempat, bahkan kasus harian di Osaka mencapai rekor 1.208 pada Kamis lalu karena didorong penyebaran virus corona varian Inggris yang ganas.

Infeksi baru ikut naik menjadi 729 di Tokyo, terbesar sejak awal Februari ketika sebagian besar negara berada dalam keadaan darurat.

Olimpiade Tokyo 2020 terancam batal karena kasus corona di Jepang terus melonjak.

Padahal Jepang masih menginginkan pekan olahraga akbar tersebut bisa tetap dilaksanakan pada tahun ini.

Dilansir HALOYOUTH dari Reuters 17 April 2021 Pemerintah Jepang akan memperluas langkah darurat di 10 wilayah saat gelombang infeksi keempat menyebar.

Akibat kebijakan tersebut memunculkan keraguan apakah olimpiade dapat diadakan di Tokyo dalam waktu kurang dari 100 hari.

Seorang pejabat senior partai yang berkuasa menegaskan, opsi pembatalan Olimpiade tetap menjadi pilihan jika situasi menjadi terlalu mengerikan. Sementara Pejabat Olimpiade mengatakan, penundaan lebih lanjut tidak mungkin dilakukan.

Para ahli kesehatan menyatakan, mengadakan olimpiade tahun ini dinilai terlalu berisiko. Kondisi ini semakin diperburuk oleh pelaksanaan program inokulasi Jepang yang relatif lambat. Program ini dimulai Februari lalu untuk menggunakan vaksin impor

Ketua Penyelenggara Olimpiade Tokyo, Seiko Hashimoto menegaskan tidak akan ada penundaan penyelenggaraan olimpiade meskipun kasus Covid-19 di Jepang melonjak.

Hashimoto mengakui perhatian Nikai dan menilai apa yang dikatakannya juga dipicu kekhawatiran publik Jepang.

Jajak pendapat menunjukkan sebanyak 80% publik Jepang menentang penyelenggaraan Olimpiade selama pandemi.***

 

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah