Kemensos: Pengumpulan Uang dan Barang untuk Bantuan Kemanusiaan Bagi Palestina

- 21 Mei 2021, 07:30 WIB
Manusia silver di Kota Serang, Banten tengah melakukan aksi solidaritas dan galang donasi untuk Palestina.*
Manusia silver di Kota Serang, Banten tengah melakukan aksi solidaritas dan galang donasi untuk Palestina.* /Nahrul Muhilmi/Haloyouth

HALOYOUTH - Konflik Palestina dan Israel masih menjadi sorotan dunia termasuk Indonesia. Banyak masyarakat mulai melakukan galang donasi untuk membantu Palestina.

Penggalangan donasi pun sudah dilakukan di sejumlah daerah yang nantinya akan disalurkan ke Palestina yang saat ini tengah diserang Israel.

Kementerian Sosial (Kemensos) pun merespon dengan banyaknya kepedulian masyarakat yang ingin membantu Palestina.

Kemensos melakukan rapat koordinasi terkait mekanisme Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) yang kemudian akan disalurkan kepada Palestina yang tengah diserang Israel.

Baca Juga: Wah! 279 Juta Data Penduduk Indonesia Diduga Bocor dan Dijual, Kominfo Selidiki Kasus Ini

Staf Khusus Kementerian Sosial Luhur Budijarso Lulu menyampaikan terkait dengan adanya PUB bagi Palestina ini aturan yang mengikat memang cukup kompleks sehingga dibutuhkan koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga lain, seperti PPATK, Polri, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Luar Negeri.

"Jadi, memang ada beberapa hal yang disoroti. satu ini bukan soal isu agama. jadi memang bantuan ini murni kemanusiaan," kata Luhur Budijarso Lulu di Kementerian Sosial, Kamis 20 Mei 2021.

Terkait bantuan untuk Palestina, Luhur mengatakan, Kementerian Sosial sadar betul bahwa apa yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia ini merupakan tindakan spontanitas.

Namun demikian, memang perlu ada aspek kehati-hatian yang perlu diperhatikan sehingga bantuan yang digalang masyarakat baik bisa tersalurkan secara tepat, transparan, dan akuntabel serta bisa dipertanggungjawabkan.

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah