Kematian Anak Akibat Covid-19 di Indonesia Semakin Tinggi, Begini Cara Isolasi Mandiri Jika Anak Positif Covid

- 4 Juli 2021, 14:58 WIB
Ilustrasi anak terpapar Covid-19
Ilustrasi anak terpapar Covid-19 /Pixabay/Endho Ratna Fitry

Haloyouth - Kasus positif Covid-19 di Indonesia kian meningkat, data yang dipublikasi oleh Satuan Petugas Penanganan Covid-19 di Indonesia menunjukan 1 dari 8 kasus yang terkonfirmasi Covid adalah anak-anak.

Sebanyak 12,6 persen dari seluruh kasus dan 2.9 persen terjadi pada anak usia 0-5 tahun, kemudian 9,7 persen lainnya menimpa anak usia 6-18 tahun. ini berarti dari dua juta kasus, ada sekitar 250.000 anak yang terjangkit Covid-19.

Peningkatan ini merupakan sumbangan dari klaster keluarga, perilaku orang tua yang tidak mentaati protokol kesehatan dianggap biang keladinya, banyak dari masyarakat kita yang masih mengabaikan anjuran pemerintah untuk tetap mentaati prokes.

Baca Juga: Simak! Profil Lengkap Jane Shalimar Meninggal Dunia Usai Berjuang Melawan Covid-19

Angka Kematian Anak Akibat Covid-19 di Indonesia tertinggi di Dunia

Ikatan Doker Indonesia (IDI) menyampaikan bahwa angka kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia hingga mencapai 3-5%, dan separuhnya adalah anak-anak usia balita, seperti yang dikutip Haloyouth dari channel Youtube IDAI pada 4 Juli 2021, angka ini merupakan yang tertinggi di dunia, 

IDAI juga menyebut, data konfirmasi kasus positif pada anak usia 0-18 tahun di Tanah Air mencapai 12,5%. Artinya 1 dari 8 kasus konfirmasi tersebut adalah anak-anak.

Baca Juga: Susu Beruang Diserbu Masyarakat, Benarkah Bisa Menangkal Virus Covid-19? Ini 5 Khasiat Susu Beruang

Fakta ini tentu saja sangat menghawatirkan, para orang tua harus ekstra ketat mengawasi anak-anaknya dan disiplin mentaati protokol kesehatan.

Tanda dan Gejala Covid-19 pada Anak

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x