Catat! Berpotensi Terjadi Gelombang Setinggi 6 Meter di Perairan Berikut Ini, Masyarakat Diminta Waspada

- 24 Agustus 2021, 12:24 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi. Prediksi BMKG tinggi gelombang capai 6 meter.
Ilustrasi gelombang tinggi. Prediksi BMKG tinggi gelombang capai 6 meter. /Pixabay.com/Schäferle/

HALOYOUTH - Beberapa perairan di wilayah Indonesia berpotensi terjadi gelombang setinggi enam meter, masyarakat dihimbau untuk waspada.

Hal itu disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Gelombang tinggi itu berpotensi terjadi pada 24 sampai 26 Agustus 2021.

Diperairan mana sajakah berpotensi gelombang tinggi tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Catat! Berpotensi terjadi gelombang setinggi 6 meter di perairan berikut ini, masyarakat diminta waspada.

Baca Juga: Susy Susanti Berikan Warning Tim Indonesia di Piala Uber 2020, Lawan Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo dalam keteranganya mengatakan berpeluang terjadi di perairan berikut ini.

"Gelombang yang sangat tinggi mencapai 4 - 6 meter berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Enggano - Lampung, Samudra Hindia barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten - Nusa Tenggara Barat, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa - Nusa Tenggara Barat," katanya seperti dikutip Haloyouth.com dari Antara pada Selasa 24 Agustus 2021.

BMKG memantau pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur - tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten, Samudra Hindia barat Lampung - selatan Jawa, Laut Banda, dan Laut Arafuru bagian timur," kata Eko.

Halaman:

Editor: Adi Riyadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah