Bambu Hitam Bisa Menghasilkan Cuan, Begini Penjelasannya

- 28 September 2021, 19:32 WIB
Kerajinan bambu yang bernilai tinggi
Kerajinan bambu yang bernilai tinggi /Dok: Aldi Faturohman/

HALOYOUTH - Bambu adalah jenis pohon yang serbaguna, menjadi salah satu kekayaan sumber daya alam yang bisa kita manfaatkan. Kegunaan dan manfaat dari bambu sangat bervariasi mulai dari perabotan rumah tangga, perabotan dapur, bahan bangunan, kerajinan, dan masih banyak lagi.

Kerajinan yang bisa dihasilkan dari bambu salah satu contohnya adalah kriya ukir atau hiasan dinding yaitu berupa gambar yang di ukir.

Dayat, seorang pemuda asal Kabupaten Pandeglang, Banten, menekuni karirnya di bidang kerajinan bambu hitam. Ia membuat ukiran gambar dari bambu kemudian menjualnya dengan harga yang mahal.

"Saya membuat ukiran gambar dari bambu hitam itu awalnya lihat dari YouTube, kemudian saya mencoba membuat dan hasilnya saya jual, keuntungan yang didapat sangat menjanjikan. Dalam satu gambar saya biasa jual dengan harga Rp.100.000," ungkap Dayat kepada Haloyouth.com pada 28 September 2021.

Baca Juga: Menkominfo Ajak Kelompok Lansia Segera Vaksinasi Covid-19

Bentuk dari ukiran gambar itupun bisa dibuat dengan berbagai varian, seperti ukiran gambar manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, kendaraan, dan lain-lain sesuai dengan keinginan kita sendiri.

Tak hanya dibuat kerajinan dua dimensi yang hanya bisa dinikmati keindahannya saja, bambu hitam juga bisa dibuat menjadi kerajinan tiga dimensi yang memiliki nilai guna bagi kehidupan sehari-hari, salah satu contohnya adalah gelas.

Biasanya gelas terbuat dari berbagai material dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Saat ini kita mungkin hanya mengenal gelas yang terbuat dari kaca, keramik, dan bahan logam seperti stainless steel. Tetapi, bambu ternyata juga bisa dijadikan bahan sebagai gelas dan sudah pernah dipakai sejak dulu kala.

Baca Juga: Login ke Cekbansos.kemensos.go.id Untuk Mengetahui Siapa Saja Penerima PKH

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah