Unik! Begini Cara Desa Karanganyar Jawa Tengah Dongkrak Pemulihan Ekonomi Warga Pasca Pandemi

- 19 November 2021, 12:44 WIB
Unik! Begini Cara Desa Karanganyar Dongkrak Pemulihan Ekonomi Warga Pasca Pandemi
Unik! Begini Cara Desa Karanganyar Dongkrak Pemulihan Ekonomi Warga Pasca Pandemi /Haloyouth.com/Vinanda Febriani/

HALOYOUTH- Pasca pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, perekonomian perlahan mulai pulih. Desa Wisata perlahan mulai bangkit. Tak terkecuali di Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pada Jumat, 19 November 2021 pagi, Desa Karanganyar menggelar kirab budaya untuk memulai rangkaian kegiatan Pasar Budaya di desa tersebut.

Kirab budaya itu diikuti oleh 4 dusun dengan sebanyak 170 peserta. Para peserta kirab dari 4 dusun masing-masing membawa kekayaan baik dari alam, maupun dari kesenian di masing-masing dusun.

Hasil bumi dan kesenian yang ditampilkan seperti gunungan gerabah, gunungan hasil bumi, tumpeng, kesenian kubro siswo, kesenian persada rimba, Bergodo renggo pertolo, dan beberapa permainan tradisional seperti egrang.

Baca Juga: Ngambek, Si Tengil Kevin Sanjaya Marah Besar ke Wasit Indonesia Masters Gara-gara Ini

Ketua panitia penyelenggaraan kegiatan pasar budaya Khoiril Anwar mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut di desanya tak lain untuk mendongkrak pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

"Tujuan pelaksanaanya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memulihkan ekonomi yang sempat hancur karena pandemi Covid-19," katanya dalam sambutan.

Laki-laki tersebut berharap, semua potensi yang ada di desa karanganyar seperti kerajinan dan kuliner dapat turut dinikmati oleh wisatawan, demi mendorong, mendongkrak, serta menyemarakkan kembali destinasi pariwisata daerah yang menurutnya sempat jatuh akibat pandemi Covid-19.

Kegiatan pasar budaya ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai Jumat, 19 November 2021, hingga Minggu 21 November 2021 mendatang dengan beberapa agenda seperti workshop, penampilan kesenian, serta pengumuman lomba fotografi dan videografi.

Halaman:

Editor: Adi Riyadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah