WOW, 19 November Ada Gerhana Bulan Sebagian! Berikut Daftar Wilayah yang Bisa Lihat

- 17 November 2021, 18:32 WIB
Ilustrasi Gerhana Bulan.
Ilustrasi Gerhana Bulan. /Pixabay/Vickygharat

HALOYOUTH- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN RI) dalam postingan Instagramnya menyebut tanggal 19 November 2021 mendatang akan terjadi Gerhana Bulan sebagian.

"Halo #SobatLAPAN! pada 19 November 2021 nanti akan terjadi Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia," tulisnya sebagaimana dikutip haloyouth pada Rabu, 17 November 2021.

Gerhana Bulan Sebagian merupakan kondisi dimana sebagian permukaan Bulan tertutupi bayangan atau umbra Bumi. Semakin Bulan menuju ke tengah atau pusat bayangan pada saat puncak Gerhana, maka durasi Gerhana akan semakin lama.

Baca Juga: Catat! Ada Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021, Indonesia Tidak Kebagian

Selama-lamanya durasi Gerhana Bulan Sebagian tulis LAPAN RI, tetap masih lebih lama durasi Gerhana Bulan Total yang durasinya dapat mencapai 5 jam 19 menit sejak kontak awal sebagian, hingga kontak akhir sebagian.

"Hal ini dikarenakan Bulan berada di tengah-tengah umbra sehingga durasi gerhananya menjadi lebih lama," jelasnya.

Pada Gerhana Bulan Sebagian kali ini lanjutnya, permukaan Bulan akan tertutupi oleh umbra Bumi sebesar 97,85%. Sehingga durasi gerhana dapat mencapai 3 jam 28 menit.

Gerhana Bulan Sebagian kali ini terjadi pukul 16.02 WIB/17.02 WITA/18.02 WIT. Berikut daerah yang bisa melihat Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia:

Baca Juga: Kapan Terjadinya Gerhana Bulan dan Matahari di Tahun 2021? Berikut Wilayah yang akan Bisa Melihat Fenomena Ini

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: Instagram @lapan.ri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah