Wali Kota Cimahi: Masjid Agung Cimahi Tidak Akan Menggelar Salat Idul Adha 2020

- 22 Juli 2020, 20:06 WIB
Wali Kota Cimahi Ajay Mohamad Priatna.*/BUDI SATRIA/PRFM
Wali Kota Cimahi Ajay Mohamad Priatna.*/BUDI SATRIA/PRFM /

HALOYOUTH – Sebagai salah satu upaya pencegahan penularan COVID-19, Masjid Agung Cimahi tidak akan menggelar salat Idul Adha 2020, begitu pula dengan penyembelihan hewan kurban.

Seperti sebelumnya diberitakan Pikiran-rakyat.com dalam artikel “Perhatian Buat Warga Cimahi, Masjid Agung Tidak Gelar Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban”, Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna, pada Rabu 22 Juli 2020 mengungkapkan “Untuk tahun ini Masjid Agung Cimahi (MAC) tidak akan melaksanakan salat Idul Adha. Juga tidak ada penyembelihan hewan kurban, untuk menghindari kerumunan sebagai upaya pencegahan COVID-19," ujarnya.


Namun, untuk masjid-masjid di lingkungan pemukiman warga tetap diperbolehkan melaksanakan salat Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan.



"Untuk masjid-masjid lainnya boleh melaksanakan salat Idul Adha. Tapi harus protokol kesehatan yang ketat. Jemaah menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, jaga jarak, dan membawa alas atau sajadah sendiri," jelas Ajay.


Baca Juga: Gunakan Arak Tangani Pasien Covid-19 Tanpa Gejala, Pemprov Bali Klaim Angka Kesembuhan Cukup Tinggi


Pelaksanaan salat Idul Adha di lingkungan pemukiman masyarakat tetap bisa dilaksanakan, namun Ia meminta agar hanya diikuti oleh warga setempat saja.


"Kalau bisa hanya untuk warga di situ saja seperti pelaksanaan salat jumat. Untuk pelaksanaan salat hanya di dalam masjid saja, tidak boleh di lapangan karena akan terjadi kerumunan, nantinya susah diatur," ungkapnya.

Meski demikian, masjid diimbau tidak dipergunakan sebagai lokasi penyembelihan hewan kurban.


Dari hasil rapat dinas yang dihadiri oleh para lurah di Cimahi, untuk hewan kurban titipan masyarakat akan disebar ke berbagai masjid di Cimahi. Untuk meminimalisir terjadinya kerumunan.


Ditemui terpisah oleh tim Pikiran-rakyat.com, Ketua DKM Masjid Agung Cimahi Dadan Darmawan menyatakan, pihaknya masih belum membuka untuk pelaksanaan salat Idul Adha tahun ini.


"Karena pandemi Covid belum stabil, kami lebih mengantisipasi. Sama seperti saat Idul Fitri, kami tidak melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Ade Rosman

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah