Heboh! Tanpa Ragu Hasto Mengklaim PDIP Sebagai Partai Kiri, Ini Penjelasannya

- 13 September 2023, 10:56 WIB
DPD PDIP Banten Gelar Rakerda III, Hasto Kristiyanto: Menangkan Ganjar Menangkan Pemilu 2024
DPD PDIP Banten Gelar Rakerda III, Hasto Kristiyanto: Menangkan Ganjar Menangkan Pemilu 2024 /

HALOYOUTH - Tanpa ragu Hasto Kristiyanto sang Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) mengeklaim jika partai dengan simbol banteng moncong putih yang menjadi kendaraan politiknya saat ini sebagai partai kiri, namun ia menjelaskan Kiri yang dimaksud adalah nilai gerakan secara filosofis, bukan Kiri ideologi komunis. Ia mengatakan, klaim ini didasarkan karena sifat progresif yang dimiliki oleh PDIP.

Hal tersebut pun Hasto menegaskan bahwa ia tak sepakat jika PDIP disebut partai berideologi sosialis atau komunis. Karena terlalu sempit jika kiri hanya diartikan sebagai sosial atau Komunis. "Cerminannya progresif. Progresif itu kiri, itu dalam konstelasi politik. Jadi kalau yang belajar dasar-dasar teori politik maka konfigurasi politik di manapun itu selalu right (kanan), centre (tengah), and left (kiri)," ujar Hasto dalam pembukaan Rakerda PDIP Banten di Kantor DPD PDIP Banten, Serang, Ahad (10/9/2023).

Baca Juga: DPD PDIP Banten Gelar Rakerda III, Hasto Kristiyanto: Menangkan Ganjar Menangkan Pemilu 2024

Pernyataan Hasto yang dikutip dan diframing secara tidak lengkap oleh oknum buzzer lawan politik menimbulkan kehebohan dan kegaduhan singkat di jagad maya, terlebih di platform X (sebelumnya Twitter). Banyak yang menarasikan jika PDIP adalah Komunis, namun hal itu pun ditepis dan dilawan oleh kontra narasi yang dibuat oleh para simpatisan atau pendukung PDIP, mereka menjelaskan dan meluruskan framing bahwa Kiri yang dimaksud adalah dasar-dasar nilai politik.

"Right itu adalah konservatif; tengah itu centre yang meramu catch all party, partai dengan target semua tanpa diferensiasi ideologis yang jelas; kalau yang kiri itu progresif, kiri itu bukan komunis bukan sosialis," klaim Hasto menambahkan.

Baca Juga: Profil dan Biodata Budiman Sudjatmiko, Anggota Partai PDIP yang Mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Istilah "kiri" dalam politik mengacu pada serangkaian ideologi yang menekankan pada aspek keadilan sosial, kesetaraan, dan reformasi ekonomi. Politik kiri sering dikontraskan dengan politik kanan, yang lebih konservatif dan menekankan kebebasan individu dan pasar bebas.

Asal-usul politik kiri dapat ditelusuri kembali ke Revolusi Prancis pada 1789, ketika istilah "kiri" pertama kali digunakan untuk menggambarkan kelompok-kelompok politik yang menentang monarki dan hak istimewa aristokrasi. Kelompok-kelompok ini, seperti Jacobins dan Montagnards, menganjurkan republik yang didasarkan pada kedaulatan rakyat dan kesetaraan.(snk)***

Editor: Nursanik

Sumber: berbagai sumber PDIP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah