Resmi Dilantik jadi Wali Kota, Gibran: Kota Solo Bisa Bangkit dari Pandemi Covid-19

- 26 Februari 2021, 18:30 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo di kantor DPRD Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat 26 Februari 2021.*
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo di kantor DPRD Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat 26 Februari 2021.* //ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/rwa/pri.

HALOYOUTH.COM - Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa akhirnya resmi dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta periode 2021-2026 pada Jumat, 26 Februari 2021 secara virtual di Graha Paripurna DPRD Surakarta.

Gibran dan Teguh dilantik langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Pada kesempatan itu, Gibran bersama wakilnya Teguh menyampaikan, mereka akan memegang teguh amanah yang diberikan masyarakat kepada keduanya.

Dalam sambutan pertamanya sebagai Wali Kota, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyampaikan bahwa ia dan Teguh akan langsung bergerak dan bekerja.

Baca Juga: ShopeePay Tebar Promo Lewat 3.3 Pesta Cashback ShopeePay

"Alhamdulillah pelantikan berjalan lancar. Jabatan ini merupakan amanah yang akan kami laksanakan sebaik mungkin untuk kepantingan masyarakat Solo," kata Gibran dalam pidatonya, dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari PMJ News.

"Sabtu-Minggu bukan hari libur. Saya dan Pak Teguh langsung bergerak dan bekerja. Tidak perlu menunggu sampai hari Senin," sambungnya.

Gibran juga mengatakan, ekonomi akan kuat jika warganya sehat. Karena itulah, ia berharap penerapan protokol kesehatan tetap diperketat di tempat-tempat seperti pasar dan kantor di Kota Solo.

"Kami yakin dan optimistis Kota Solo bisa bangkit dari pandemi Covid-19," ujar Gibran.

Baca Juga: Link Streaming Nonton Drakor The Penthouse Season 2 Lengkap dan Sinopsis Singkat , Jangan Lewatkan!

Gibran menjelaskan, dalam program kerja pertamanya pada Sabtu, 27 Februari 2021 mendatang, kegiatan vaksinasi akan dimulai untuk pedagang di Pasar Klewer dan Pasar Gede Solo.

Menurut Gibran, kedua pasar tersebut merupakan pusat kegiatan ekonomi masyarakat Kota Solo yang tidak boleh ditunda untuk vaksinasi. Kebut vaksinasi, lanjutnya, berarti kebut pula pemulihan ekonomi.

Gibran juga menyebut bahwa Solo adalah gudangnya anak-anak kreatif dan inovatif yang selalu ada peluang di tengah kesulitan.

Untuk membuka peluang itu, akan diperbanyak creative hub dan co-working space agar anak-anak muda di Solo memiliki daya saing dan UMKM bisa naik kelas melalui pemanfaatan teknologi.

"Kami harus meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntanbilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep good governance," kata Gibran, dikutip dari Antara.

Baca Juga: 7 Arti Mimpi Rambut, dari Mulai Akan Tertimpa Kecelakaan Hingga Kondisi Kesehatan yang Menurut

Dalam kesempatan itu, Gibran juga mengatakan ia memohon dukungan dari semua pihak.

"Saya menyadari hal ini bukan pekerjaan ringan. Untuk itu, kami memohon dukungan baik dari jajaran Pemerintah Kota Surakarta maupun segenap unsur masyarakat agar selama kepemimpinan kami mampu mengemban amanat dalam membangun Kota Surakarta menjadi lebih baik," ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih pada FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo selaku pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta periode 2016-2021.***

Editor: Andreas

Sumber: ANTARA PR Cirebon


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x