Jangan Dibiasakan, Ini Bahayanya Jika Sering Menahan BAB

- 4 Juni 2021, 08:13 WIB
Ilustrasi Menahan Buang Air
Ilustrasi Menahan Buang Air /HonestDoc

HALOYOUTH - Sebagian orang masih sering menahan Buang Air Besar (BAB), meskipun ada saja alasan menahan BAB tersebut, misalnya tidak adanya toilet disekitar, sedang dalam perjalanan, males menunggu antrian toilet yang panjang ataupun kondisi toilet yang kotor sehingga enggan untuk menggunakanya.

Maka dari kebiasaan tersebut banyak bahaya yang akan ditimbulkan jika kamu sering menahan BAB hal ini kamu harus lebih wasapada, berikut tim haloyouth.pikiran-rakyat.com merangkum beberapa masalah yang akan terjadi bila kamu sering menahan BAB, berikut ini diantara nya:

1. Ambeien

Ambeien atau biasa juga disebut dengan wasir kondisi ini akan muncul jika kamu sering menahan BAB, sebab ketika kamu dlaam kondisi menahan BAB maka kamu akan mengalami kesulitan saat mengeluarkan feses sehingga kamu mengejan secara ekstra.

Baca Juga: Ingin BAB Kondisi Tidak Memungkinkan? Begini cara Tepat Nahannya

Jika kamu mengejan secara berlebihan hal ini akan membuat pembuluh darah di anus dan rektum bawah membengkak sehingga dapat memicu terjadinya ambeien, gejala-gejala yang ditimbulkan saat ambeien seperti rasa perih dan panas disekitar anus, Gatal pada anus, adanya benjolan atau pembengkakam disekitar anus dan BAB Berdarah.

2. Sembelit

Selain ambeien saat kamu terlalu sering menahan BAB maka hal itu akan memicu kondisi Sembelit, kondisi ini akan membuat sulit untuk mengeluarkan tinja disebabkan karna saat kamu menahan maka usus bagian bawah akan menyerap air dari tinja yang ada diliang rektum sehingga tinja akan menjadi lebih keras.

Maka dari itu kondisi ini akan membuat kamu menjadi sembelit selain itu hal ini juga bisa menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah dianus sehingga memicu ambeien.

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x