Unik! 11 Nama Varian Baru Covid-19 di Dunia yang Wajib Diketahui, Dinamai Sesuai Abjad Yunani

- 22 Juni 2021, 09:59 WIB
Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 /Geralt/Pixabay/

Haloyouth - Dunia tengah bergelut dengan pandemik virus Corona SARS-Cov-2, perang antara sistem kekebalan imun dengan virus ini berlangsung lama. Virus ini berasal dari Wuhan, China 2019 lalu.

Dari awal kemunculannya hingga hari ini, virus terus bermutasi dan membentuk varian baru dengan nama berbeda setiap varainnya. Pemberian nama diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Beberapa varian cukup berbahaya dan mengkhawatirkan.

WHO memiliki daftar dari nama-nama varian virus corona, dan India adalah negara pertama yang mengalami perubahan nama varian virus corona menjadi varian delta. Pemberian nama-nama yang tidak sesuai denga asal negara virus corona muncul, dimaksudkan agar tidak ada stigmatiasi.

Pemberian nama-nama ini diberikan sesuai alfabet Yunani dan gabungan dengan susunan ilmiah, seperti varian India yang memiliki nama Yunani yaitu varian virus Delta, sementara untuki susunan ilmiahnya gabungan dari alfabet dan angka yaitu varian B.1.617.2.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Karir dan Cinta, Selasa, 22 Juni 2021: Aquarius, Kamu Mulai Bermain Curang Ya, Segera Hentikan

Dikutip Haloyouth dari berbagai sumber, berikut nama-nama Varian baru virus Corons dari seuruh dunia.

1. Varian Alpha B.1.1.7 (Inggris)

Varian virus corona jenis ini ditemukan pertama kali dari Inggris, varian Alpha atau varian ilmiahnya B.1.1.7 adalah nama pengganti dari nama virus corona Inggris sebelumnya.

Varian alpha disinyalir lebih berbahaya, penularannya yang cepat hamper 70 persen membuatnya lebih ganas dari varian virus corona asalnya yang ditemukan di China.

Halaman:

Editor: Adi Riyadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x