Gempa Terkini Berkekuatan 6,7 SR Guncang Kabupaten Sumur, Banten, Getaranya Terasa Hingga Jakarta

- 14 Januari 2022, 20:35 WIB
Pusat gempa magnitudo 6.7  yang kemudian diperbaharui menjadi magnitudo 6.6 berpusat di   52 kilometer arah barat daya, Sumur, Banten.
Pusat gempa magnitudo 6.7 yang kemudian diperbaharui menjadi magnitudo 6.6 berpusat di 52 kilometer arah barat daya, Sumur, Banten. /Sumber : BMKG/

HALOYOUTH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa telah terjadi gempa dengan berkekuatan 6,7 Skala Richter yang mengguncang wilayah Kabupaten Sumur, Banten.

Kejadian ini terjadi pada hari Jum'at sore 14 Januari 2022 pukul 16.05 WIB yang getaranya terasa hingga ke wilayah Ibu Kota yang berlangsung selama 30 detik.

Episentrum atau titik gempa berada di Kabupaten Sumur, Banten pada koordinat 7.01 Lintang Selatan – 105.26 Bujur Timur.

Baca Juga: Inilah 8 Alasan Mengapa Herry Wirawan Layak Dihukum Mati Menurut Jaksa

BMKG menjelaskan bahwa kejadian gempa ini tidak menimbulkan Tsunami. 

Selain di Sumur, Banten sebagai episentrum gempa, Getaran gempa juga dirasakan di beberapa wilayah Jakarta Pusat hingga Tangerang dan sekitarnya.

Sebagai informasi salah satu satuan untuk mengukur kekuatan getaran gempa bumi bisa dengan menggunakan Skala Mercalli, terutama jika tidak ditemukan peralatan seismometer dilokasi kejadian.

Dalam hal ini pada skala II, getaran gempa dirasakan hanya beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung dalam atap rumah pada bergoyang.

Baca Juga: Waspada, Gempa 5,7 Magnitudo Goyang Banten, Jabar dan Jakarta, Potensi Tsunami?

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: BMKG PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah